Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/11/2016, 13:00 WIB

KOMPAS.com - Merokok memang kebiasaan yang tidak sehat bagi semua orang, tetapi ternyata dampaknya lebih merusak pada orang yang terinfeksi HIV. Bahkan, efek rokok itu lebih membahayakan dibanding virus HIV.

Menggunakan simulasi komputer, para peneliti mengungkap bahwa penggunaan tembakau bisa mengurangi usia harapan hidup orang dengan HIV/AIDS (ODHA) dua kali lipat dibanding virusnya sendiri.

Bahkan, ODHA yang berhenti merokok juga memiliki usia harapan hidup lebih tinggi.  Oleh karena itu, diperlukan upaya berhenti merokok yang efektif pada ODHA untuk meningkatkan usia harapan hidup.

"Merokok memang buruk bagi kesehatan, tetapi kami bisa menunjukkan separah apa dampaknya. Orang dengan HIV yang rutin minum obat tetapi merokok, risikonya lebih besar meninggal akibat penyakit yang disebabkan oleh rokok ketimbang virus HIV," kata Dr.Krishna P Reddy, peneliti.

Merokok diketahui menurunkan kekebalan tubuh karena membantu bakteri berkoloni dan menjadi resisten di tubuh. Padahal, HIV menyebabkan daya tahan tubuh sudah rendah.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com