Kompas.com - 15/11/2016, 20:51 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Normalnya, orang dewasa rata-rata tidur 7-8 jam sehari. Tetapi, Heather Reed (37) bisa tidur selama 22 jam sehari. Wanita asal Kanada itu ternyata mengalami gangguan langka, yaitu sindrom Kleine-Levin atau dikenal dengan Sleeping Beauty Syndrome.

Ketika gangguannya sedang membaik, Reed biasa tidur selama 12 jam sehari. Tetapi, sering kali waktu itu juga dianggap kurang. Reed merasa hanya tidur sebentar.

Gangguan langka ini benar-benar telah mengubah hidupnya. Bayangkan, Reed terkadang hanya memiliki waktu 2 jam untuk melakukan aktivitas selain tidur, karena dalam sehari hanya 24 jam. Red kehilangan pekerjaan dan kehidupan sosialnya.

"Ini tentu berdampak pada hidup saya. Saya merasa seperti hantu," kata Reed.

Sebelum didiagnosis sindrom Kleine-Levin, Reed lebih dulu dinyatakan memiliki myalgic encephalomyelitis pada lima tahun lalu. Penyakit itu membuatnya selalu merasa kelelahan.

Ternyata, kombinasi myalgic encephalomyelitis dan sindrom Kleine-Levin memperburuk waktu tidur Reed. Itulah mengapa setelah terbangun dari tidurnya yang lama, Reed pun masih merasa kelelahan dan kembali tertidur.

Reed merasa hidupnya menjadi terlalu cepat. Namun, ia terus berusaha mengatasi gejalanya. Gangguan tidur ini dirasakan reed setelah pulih dari infeksi virus selama tiga bulan.

Reed juga mengalami masalah neurologis, seperti pelupa dan nyeri otot. Akibatnya, saat sedang terjaga pun ia tak bisa banyak melalakukan sesuatu.

Dalam satu pekan, biasanya Reed hanya satu kali keluar rumah untuk pergi berbelanja atau menemui kerabat.

Sedihnya, banyak orang menganggap sepele penyakit yang dialami Reed. Sebab, mereka melihat Reed dalam keadaan baik-baik saja dan menanggap Reed memang sedang kelelahan sehingga butuh waktu tidur yang lama.

Halaman:
Sumber Dailymail

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.