Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesalahan Tidur Utama yang Membuat Anda Selalu Lelah

Kompas.com - 25/12/2016, 20:43 WIB
Lily Turangan

Penulis

Sumber SELF

KOMPAS.com - Tidur tidak hanya penting untuk mengisi ulang energi kita. Tidur memainkan peran penting dalam semua aspek kesehatan kita, mulai dari menjaga berat badan yang sehat hingga meningkatkan kebugaran fisik.

Selama ini, kita paham harus tidur tujuh sampai delapan jam dengan nyenyak setiap malam. Tapi kita jarang berbicara tentang aspek lain dari tidur yang menurut para ahli juga sangat penting, yaitu konsistensi jadwal.

"Orang-orang fokus pada jumlah waktu tidur, tetapi banyak orang tidak menekankan pentingnya jadwal tidur dan bangun yang konsisten," kata Rachel Salas, MD, seorang profesor neurologi di Johns Hopkins Medicine yang mengkhususkan diri dalam kedokteran tidur.

“Bahkan jika waktu tidur Anda sudah cukup, namun ada perubahan pada waktu tidur dan bangun setiap hari, studi menunjukkan Anda akan berfungsi seperti orang kurang tidur," kata Salas.

Ketika jadwal bangun dan tidur sering berubah, ritme sirkadian atau jam biologis tubuh, tidak memiliki kesempatan untuk menjadi normal. Jam biologis tubuh adalah salah satu faktor yang paling penting untuk Anda merasa mengantuk atau segar dan terjaga, jelas Joseph Ojile, M.D., direktur medis dari Clayton Sleep Institute.

"Ketika ritme sirkadian teratur, Anda memiliki kesempatan yang lebih baik untuk tidur dan bangun di waktu yang Anda inginkan," kata Ojile.

Jika Anda tidak memiliki jadwal yang konsisten, tubuh Anda akan berjuang untuk memberikan isyarat yang tepat ketika Anda membutuhkan mereka.

Konsistensi akhirnya akan melahirkan mutu dan kualitas. Ketika ritme sirkadian Anda sinkron dengan jadwal dan lingkungan, Anda bisa tertidur dengan lebih cepat dan itu berarti kuota jam tidur Anda terpenuhi. Salas menyarankan agar Anda mengutamakan konsistensi meski misalnya hari ini Anda kurang tidur.

"Jika Anda tahu mengapa Anda kurang tidur dan tahu bahwa Anda hanya bisa tidur enam jam, berusaha untuk konsisten adalah hal terbaik yang bisa Anda lakukan. Jadi, Anda tidak memiliki dua hal yang akan mengganggu Anda; kurang tidur dan ketidakkonsistenan," katanya . Pada akhirnya, Anda akan mendapatkan tidur berkualitas yang tubuh Anda butuhkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com