Kompas.com - 27/12/2016, 17:45 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

 KOMPAS.com - Saat tidur, semua organ tubuh bisa beristirahat sejenak setelah digunakan seharian. Termasuk sistem pencernaan kita. Jadi, sayangi tubuh dengan tidak konsumsi makanan tinggi kalori sebelum tidur.

Tak hanya bisa mengganggu kualitas tidur, makan makanan tinggi kalori sebelum tidur juga akan mendorong kenaikan berat badan dan meningkatkan berbagai masalah penyakit, seperti jantung dan tekanan darah tinggi.

Seperti dilansir dari Boldsky.com, berikut ini 7 makanan tinggi kalori yang sebaiknya dihindari sebelum tidur.

1. Pizza dan burger
Pizza dan burger merupakan makanan yang tinggi kalori karena mengandung tinggi lemak. Apabila konsumsi makanan ini sebelum tidur, akan terjadi penumpukan lemak berlebih di tubuh dan memengaruhi kesehatan jantung.

2. Alkohol
Salah jika menganggap konsumsi alkohol akan membuat tidur lebih nyenyak. Minuman tinggi kalori ini justru bisa menganggu kualitas tidur. Bangun tidur pun tidak akan terasa segar.

3. Daging Merah
Daging merah termasuk makanan dengan kalori sangat tinggi. Makanan terlalu banyak daging merah sebelum tidur bisa menyebabkan perut kembung. Upaya penurunan berat badan pun akan gagal.

4. Cokelat dan kue
Sebelum tidur, hindari mengemil cokelat maupun kue yang tinggi kalori. Camilan ini akan membuat Anda kenyang dan meningkatkan berat badan.

5. Keripik kentang
Keripik ini barangkali menjadi camilan favorit sambil menonton film di malam hari. Di balik renyahnya keripik kentang, kalorinya juga cukup tinggi sehingga harus dihindari sebelum tidur malam.

6. Es krim
Es krim pada umumnya juga mengandung tinggi kalori. Apalagi es krim dengan bahan utama susu dan rasanya manis. Tidak disarankan makan es krim sebelum tidur.

7. Makanan olahan
Makanan olahan, seperti sosis bukan camilan yang sehat di malam hari. Makanan olahan tinggi kalori, lemak, dan garam. Bahkan, makanan olahan dinilai hampir tidak ada kandungan nutrisinya. Konsumsi makanan olahan sebelum tidur hanya akan meningkatkan sejumlah masalah kesehatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.