Kompas.com - 07/01/2017, 12:44 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com – Diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) kembali dinobatkan sebagai diet terbaik menurut US News & World Report. Diet yang dikembangkan oleh National Heart, Lung and Blood Institute itu direkomendasikan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. 

Spesialis penurunan berat badan dan pemerhati gaya hidup dari Klinik Lighthouse, Dr. Grace Judio-Kahl, MSc, MH, CHt, mengungkapkan, diet DASH memang sudah melalui penelitian bertahun-tahun. Para peneliti menemukan formulasi diet DASH untuk memperbaiki beberapa masalah penyakit.

"Fokus diet ini sebenarnya lebih ke arah kesehatan untuk memperbaiki parameter, terutama penyakit kardiovaskuler," kata Grace saat dihubungi Kompas.com, Jumat (6/1/2017).

Diet DASH utamanya adalah mengurangi asupan garam. Garam yang terlalu tinggi diketahui dapat meningkatkan hipertensi dan penyakit jantung.

Menurut Grace, keunggulan lain diet DASH dari Amerika Serikat itu adalah bahan makanan yang dikonsumsi mudah didapatkan dan mirip dengan kebiasaan makan sehari-hari orang-orang di AS.

Diet ini menganjurkan untuk lebih banyak mengasup makanan yang tinggi serat, banyak makan buah-buahan dan sayuran, daging, hingga kacang-kacangan.

"Karena bahannya mudah didapat, jadi untuk memertahankan diet itu relatif lebih gampang," jelas Grace.

Lebih dari itu, diet DASH juga membantu penurunan berat badan karena jumlah kalori dari porsi makanan yang disajikan juga dikurangi menjadi sekitar 1200-1600 kalori untuk porsi orang AS. Secara perlahan, jumlah kalori yang dikurangi tersebut akan membantu memangkas berat badan berlebih.

Namun, yang pasti, diet DASH bukan diet ketat untuk menurunkan berat badan, melainkan lebih difokuskan untuk menjaga kesehatan sepanjang hari dan membiasakan konsumsi makanan sehat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.