Kompas.com - 07/01/2017, 14:40 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Melalui aku Twitter-nya pada 6 Januari 2017 malam, Kim Kardashian mengaku kembali mendapat masalah psoriasis. Kim memang diketahui mengalami psoriasis sejak 2010. Namun, kali ini psoriasis menyerang bagian wajahnya.

Munculnya psoriasis di bagian wajah Kim diduga akibat stres. Belakangan ini, Kim memang bertubi-tubi mendapatkan masalah dalam kehidupannya.

Tiga bulan lalu, Kim menjadi korban perampokan di Paris. Ia disekap di kamar hotelnya dengan todongan senjata api. Kim mengaku ketakutan dan trauma setelah peristiwa itu meski ia tidak mengalami luka fisik.

Kemudian, dua bulan lalu, suaminya Kanye West dirawat di rumah sakit. Penyanyi rapper itu juga diberitakan mengalami masalah kesehatan jiwa.

Menurut sejumlah ahli, masalah yang terjadi pada Kim bisa menyebabkan stres hingga akhirnya memicu kekambuhan psoriasis.

Psoriasis adalah penyakit autoimun yang menyerang kulit berupa bercak kemerahan hingga kering seperti bersisik. Psoriasis bisa muncul di seluruh kulit mulai dari kepala hingga kaki.

Seorang dermatolog di New York, Kally Papantoniou mengatakan, stres memang bisa menjadi salah satu faktor risiko yang memperburuk kondisi psoriasis.

Dokter kulit dari New York City, Angela Lamb, MD, juga mengungkapkan, stres bisa mengganggu kekebalan tubuh seseorang yang memicu peradangan sehingga bisa mengundang psoriasis.

Untuk itu, mengurangi stres terbukti dapat membantu meringankan gejala psoriasis yang muncul. Menurut National Psoriasis Foundation, wanita lebih rentan mengalami kekambuhan psoriasis yang berhubungan dengan stres.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.