Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Langsing Tanpa Olahraga dari Pelatih Kim Kardashian

Kompas.com - 06/01/2017, 11:47 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

Sumber SHAPE

KOMPAS.com - Harley Pasternak adalah pelatih kebugaran selebritas papan atas seperti Megan Fox, Katy Perry, Rihanna, dan Kim Kardashian. Selebritas di dunia fitness ini bakal muncul di serial Khloe Kardashian yang berjudul Revenge Body.

Sebagai satu dari delapan besar pelatih selebritas di acara itu, Pasternak membuat pendekatan berbeda dalam melatih seseorang. "Bagi saya, apa yang kita lakukan di gym itu merupakan bagian terkecil dari sebuah transformasi," katanya.

Ia menjelaskan, "Terdapat 168 jam seminggu. Bahkan jika Anda olahraga dua, tiga, empat, atau lima kali seminggu selama satu jam, Anda masih belum olahraga paling tidak 95 sampai 98 persen dalam seminggu. Apa yang Anda kerjakan di luar gym itu lebih berdampak daripada yang dilakukan di gym."

Itulah mengapa wanita-wanita yang berlatih dengan Pasternak tidak diizinkan berada di dekat gym selama dua minggu pertama.

"Saya memberi mereka alat, bukannya menjadi alat. Buat rata-rata orang di rumah, mereka harus tahu mereka tak butuh seorang pelatih selebritas. Ini soal kebiasaan di luar gym," kata Pasternak.

Kendati menurutnya wanita-wanita yang dilatihnya ingin mengundurkan diri dari acara pada awalnya, mereka ternyata mengalami penurunan lebih banyak berat badan dibandingkan wanita yang melakukan latihan keras. Lebih penting lagi, hasil latihan itu menjadi lebih baik ketika dilakukan sendiri.

Berikut ini empat langkah metode dari Pasternak untuk mencapai penurunan berat badan di 2017.

1. Bergerak
Kendati Pasternak tak mengijinkan para wanita menginjak gym selama dua minggu pertama, ia membuat mereka tetap bergerak. "Hal pertama yang saya lakukan adalah memberi mereka Fitbit dan target langkah per hari. Pertama kami targetkan 10 ribu langkah, kemudian 12 ribu dan akhirnya melangkah 14 ribu langkah setiap hari.

"Kita terlalu fokus pada olahraga dan kurang menyempurnakan aktivitas harian. Saya ingin menekankan pentingnya berjalan sebelum mereka berlatih angkat beban atau lunges," katanya.

Ketika para wanita itu latihan di gym setelah dua minggu, mereka sudah lebih ringan, lebih sehat dan fit.

2. Mengatur ulang pola makan
Langkah selanjutnya adalah membuat para wanita itu mengatur ulang pola makan. Selama lima hari pertama, tiga smoothies dan dua kudapan renyah setiap hari. Lima hari berikutnya mengganti smoothie makan malam dengan makanan seperti sup, salad, sandwich, tumisan dan sushi.

"Makanan itu mengatur ulang metabolisme, pencernaan dan nafsu makan," jelas pelatih dengan latar belakang ilmu gizi dan fisiologi olahraga ini. "Alasan nomor satu kita tak makan sehat adalah tak punya waktu untuk membakar, mengukus. Jadi biarkan mereka membuat sesuatu yang lezat yang bikin mereka kenyang dengan waktu terbatas," katanya.

3. Fokus pada tidur
"Kendati tidur merupakan sepertiga kegiatan hidup kita, kita tak cukup tidur. Banyak penelitian membuktikan orang yang tak mendapat tidur berkualitas mengalami kenaikan berat badan," katanya.

4. Menjauhi ponsel
Pasternak pun menyuruh para wanita dalam timnya untuk menjauhi ponsel, komputer atau gadget dengan layar paling tidak satu jam sehari. "Banyak penelitian membuktikan sinar biru yang dipancarkan dari layar mengganggu pola tidur, suasana hati dan nafsu makan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com