Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/01/2017, 21:33 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber The Sun

KOMPAS.com - Bila ‘clean eating’ merupakan metode makan sehat untuk hidup lebih baik, di tahun ini ada tren baru bernama ‘clean sleeping’.

Kurang tidur terbukti berkaitan dengan obesitas, meningkatkan risiko demensia, mengubah DNA, hingga kematian dini.

Itulah mengapa Gwyneth Paltrow, seleb yang tahun lalu mempromosikan celan eating, di tahun ini kembali mengajak para penggemarnya untuk melakukan metode clean sleeping, demi mewujudkan tidur berkualitas tinggi.

Kenakan masker mata hangat

Produk asal Jepang ini tak seperti masker mata yang hanya bisa menutupi mata dari paparan cahaya, namun juga dilengkapi dengan teknologi penghangat berupa uap untuk mendorong relaksasi dan meredakan stres.

Ahli tidur Lisa Artis dari The Sleep Council berpendapat, "Cahaya memang dapat mengganggu tidur dengan memengaruhi jumlah hormon tidur melatonin. Mematikan lampu atau menggunakan masker merupakan pilihan baik.”

Pijat kaki

Memijat kaki selama tiga menit dengan lotion bisa membantu Anda tertidur lebih pulas. Lisa mengungkapkan, menggosok kaki Anda dengan losion adalah ide yang baik sebelum tidur.

Anda dapat menggunakannya untuk membantu melancarkan aliran darah, membuat kaki lebih rileks, sehingga sangat mungkin untuk tidur lebih nyaman.

Tidur saat terjaga

Yoga Nidra merupakan keadaan antara terjaga dan tidur. Penggiat dari teknik ini mengatakan bahwa berbaring, menutup mata Anda dan fokus pada bagian tertentu dari tubuh dapat membantu Anda memasuki alam mimpi.

"Teknik Yoga seperti bernapas dalam membantu tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks, yang merupakan kunci untuk tidur malam yang baik. Anda harus mencobanya di jam-jam menjelang tidur," jelas Lisa.

Tidak konsumsi kafein delapan jam sebelum tidur

Baik pria maupun wanita di atas 50 tahun disarankan untuk menghindari kopi selama delapan jam sebelum tidur, karena tubuh sudah lebih lama untuk memprosesnya.

Menurut Lisa, kafein dapat menyebabkan Anda tetap terjaga lebih lama. Tapi setiap orang bereaksi berbeda terhadap kafein sehingga perlu disesuaikan dengan masing-masing individu.

Kamar tidur bebas teknologi

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa cahaya biru yang dipancarkan dari ponsel atau tablet bisa membuat Anda terjaga.

"Kamar tidur Anda harus menjadi tepat ‘suci’ dari teknologi apapun. Cahaya dari ponsel, tablet maupun televisi dapat menyebabkan perubahan zat kimia dalam otak untuk membuat Anda merasa lebih waspada," ungkap Lisa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com