Kompas.com - 11/02/2017, 15:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Selain asupan gizi seimbang, waktu tidur juga penting untuk tumbuh kembang anak. Menurut penelitian terbaru, anak yang tidur siang lebih baik mengingat kata-kata baru dibanding anak yang tidak tidur siang.

Peneliti dari University of Arizona melakukan studi tersebut terhadap anak berusia 3 tahun. Anak-anak tersebut ada yang diminta tidur siang dan tidak setelah mempelajari kata-kata baru. Peneliti lalu menguji pemahaman kata-kata pada anak setelah 24 jam kemudian.

Anak yang tidur siang memiliki pemahaman yang lebih baik. Waktu tidur siang yang diperlukan hanya sekitar 1 jam, jangan terlalu lama. Cukup memejamkan mata beberapa jam saja secara rutin, mampu meningkatkan kemampuan berbahasa anak.

Meski demikian, para orangtua tak perlu khawatir jika anak tidak pernah tidur siang. Menurut peneliti, yang terpenting adalah jumlah total tidur anak pada malam hari.

Peneliti mengatakan, anak usia prasekolah harus memiliki waktu tidur 10-12 jam, baik itu pada malam hari atau gabungan dari tidur malam dan siang hari. Waktu tidur pada anak selama ini juga diketahui untuk meningkatkan hormon pertumbuhan.

Seperti dikutip dari Daily Mail, berikut rekomendasi waktu tidur berdasarkan usia.

0-3 bulan: 14-17 jam
4-11 bulan: 12-15 jam
1-2 tahun: 11-14 jam
3-5 tahun (prasekolah): 10-13 jam
6-13 tahun (usia sekolah): 9-11 jam
14-17 tahun (remaja) : 8-10 jam
18-25 Tahun (orang dewasa muda): 7-9 jam
26-64 tahun (dewasa): 7-9 jam
Di atas usia 65 tahun:7-8 jam

Ketua peneliti Michelle Sandoval mengatakan, anak-anak masa kini banyak yang kekurangan waktu tidur karena padatnya aktivtas mereka. Orangtua sebaiknya tak perlu memaksakan anak mengikuti berbagai les yang menyita waktunya beristirahat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Dailymail
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.