Kompas.com - 13/02/2017, 10:19 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Makan buah dan sayuran ternyata tak hanya baik untuk kesehatan tubuh. Sejumlah penelitian menemukan, makan buah dan sayur juga bermanfaat untuk kesehatan mental.

Studi terbaru dilakukan oleh para peneliti dari University of Otago. Mereka meneliti 171 orang dewasa muda berusia 18-25 tahun. Dari ratusan orang tersebut, ada yang rutin diberi dua porsi buah-buahan dan sayuran segar seperti wortel, buah kiwi, apel dan jeruk. Sisanya tidak diberikan atau hanya diingatkan untuk makan buah dan sayur.

Hasilnya, peserta yang diberikan dua porsi ekstra buah dan sayur setiap hari memiliki suasana hati yang lebih baik, memiliki semangat hidup dan motivasi tinggi dibanding yang tidak atau kurang makan sayur.

Manfaat itu dilihat setelah dua minggu makan buah dan sayur dalam porsi yang cukup. Peneliti menyimpulkan, rutin makan buah dan sayur dalam dua minggu saja meningkatkan peluang seseorang dapat mengatasi depresi.

"Pesan dari studi ini adalah kita harus memberikan lebih banyak buah dan sayuran untuk mereka makan, tidak sekedar mengingatkan seseorang untuk makan sayur," kata penulis studi Dr Tamlin Conner seperti dikutip dari Daily Mail.

Conner merekomendasikan pemberian makan buah dan sayur yang rutin dalam porsi cukup di mana saja. Mulai dari keluarga di rumah, mereka yang tinggal di asrama, anak-anak di tempat penitipan anak, pasien di rumah sakit, hingga karyawan di tempat kerja.

Namun, menurut Conner memang perlu penelitian lebih lanjut mengenai kaitan antara buah dan sayuran segar untuk membantu mengatasi depresi. Dalam penelitian ini juga belum diungkapkan mengapa buah-buahan dan sayur-mayur memengaruhi suasana hati seseorang menjadi lebih bahagia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Dailymail
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.