Kompas.com - 15/03/2017, 08:17 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Tidur yang cukup merupakan salah satu kunci untuk tubuh yang sehat dan tak mudah sakit. Bukan rahasia lagi bahwa kurang tidur atau kelelahan membuat kita rentan tertular penyakit.

Dalam penelitian yang dilakukan ahli saraf dan pakar tidur Nathaniel Watson terungkap bahwa kurang tidur menghampat proses genetik spesifik dalam sel yang membentuk sistem imun.

"Sistem imun tidak berfungsi sebagaimana mestinya saat tubuh kurang tidur," kata Watson.

Studi yang dilakukan Watson tersebut menguatkan bukti pentingnya tidur dalam kesehatan manusia. Studi lain yang mengungkap kaitan antara kekurangan tidur dengan kondisi penyakit juga sudah banyak dilakukan.

Dalam hal tidur, yang terpenting bukan hanya kualitas tetapi juga kuantitas. Ini berlaku bukan hanya pada orang dewasa tapi juga anak-anak.

Jadi, jika tak ingin tertular flu di musim flu seperti sekarang ini, jangan hanya bergantung pada suplemen vitamin tapi perhatikan juga durasi dan kualitas tidur Anda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.