Kompas.com - 15/12/2019, 16:30 WIB
Ilustrasi ginjal, kanker ginjal ShutterstockIlustrasi ginjal, kanker ginjal

KOMPAS.com - Ginjal adalah salah satu organ vital bagi tubuh manusia. Pentingnya organ ini terkait fungsinya sebagai penyaring darah dari berbagai racun atau limbah yang masuk ke tubuh.

Organ penting ini terletak di bawah tulang rusuk bagian belakang dan dekat dengan bagian tengah punggung pada kedua sisi tulang belakang.

Ginjal normal terdiri dari dua bagian atau sepasang, yaitu kiri dan kanan. Ukurannya kira-kira sekitar 10–12 sentimeter atau sebesar kepalan tangan. 

Organ ginjal mengandung sekitar satu juta nefron yang merupakan saringan darah yang sangat kecil. 

Melihat karakteristik tersebut, ginjal ini memang memiliki fungsi sebagai penyaring darah. Setiap harinya, ginjal bisa menyaring sekitar 200 liter darah.

Selain menyaring darah, organ tubuh ini juga dapat mengatur keseimbangan asam-basa tubuh, menyaring dan membuang limbah atau racun, konverter vitamin D dalam tubuh, mengatur sel darah merah, hingga mengendalikan keseimbangan air.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Oleh sebab itu, apabila ginjal seseorang mengalami kerusakan atau penurunan fungsi, ada banyak hal di dalam tubuh yang akan terganggu. Kondisi ini bisa disebut dengan penyakit ginjal kronis.

Sering tak disadari

Masalahnya, penyakit ginjal kronis tak selalu menimbulkan gejala. Inilah mengapa kita perlu mewaspadai penyakit ini.

Sebagian orang mungkin tak akan merasakan adanya tanda-tanda saat memiliki penyakit ginjal kronis tahap awal maupun tahap lanjut.

Melansir dari Web MD (14/12/2019), kebanyakan orang dengan penyakit ginjal kronis tak memiliki gejala dini.

Baca juga: Jalani Operasi Kanker Ginjal, Vidi Aldiano Minta Doa

Halaman:

Sumber WebMD,ncbi
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X