Kompas.com - 24/12/2019, 14:34 WIB

KOMPAS.com - Tanpa disadari kita seringkali menyentuh barang atau orang lain yang mungkin telah terinfeksi bakteri maupun virus.

Apabila setelah itu tidak segera cuci tangan dengan benar, kita sangat berisiko terkena beragam penyakit.

Tangan diketahui sebagai salah satu anggota tubuh yang paling berpotensi banyak terkena kontaminasi. Oleh sebab itu, tangan harus selalu dijaga kebersihannya.

Meski terlihat sederhana, aktivitas cuci tangan ini dapat mencegah penularan berbagai penyakit berbahaya.

Namun, hal itu harus dilaksanakan secara benar. Cuci tangan tak akan efektif membunuh kuman apabila dilakukan asal-asalan.

Beberapa perkara yang perlu diperhatikan dan diterapkan saat cuci tangan, antara lain perlunya menggunakan sabun, melakukan langkah yang tepat, hingga memahami momentum.

Lebih baik pakai sabun

Artikel dalam Health Line menyebut, mencuci tangan dengan sabun biasa dan air mengalir terbukti dapat mengurangi lebih banyak bakteri daripada mencuci tangan dengan air saja.

Anda tak perlu harus menggunakan sabun antibakteri setiap hari di rumah, di luar masa perawatan kesehatan. Penggunaan sabun biasa dan air mengalir bisa juga efektif untuk membunuh kuman dan bakteri.

Saat mencuci tangan, Anda bisa memanfaatkan air dingin maupun air hangat. Menurut para ahli, tidak ada perbedaan yang mencolok di antara keduanya.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.