Kompas.com - 23/04/2020, 10:00 WIB

KOMPAS.com - Pernahkah Anda mendengar mitos pria juiga bisa mengalami mual dan momen ngidam saat sang istri mengandung? Yah, fenomena tersebut bukan sekadar isapan jempol belaka.

Faktanya, penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Men's Health menemukan 25 hingga 72 persen pria di seluruh dunia juga merasakan gejala kehamilan ketika sang istri sedang berbadan dua.

Dalam dunia medis, istilah tersebut dikenal dengan sebutan sindrom couvade. Melansir Mayo Clinis, sindrom cauvade biasanya terjadi ketika sang istri berada pada trimester pertama dan ketiga masa kehamilan.

Baca juga: Amankah Melakukan Donor Darah Saat Pandemi Covid-19?

Gejala

Gejala-gejaja yang dialami bisa seperti berikut:

- Gejala fisik

Gejala-gejala bisa termasuk mual, mulas, sakit perut, kembung, perubahan nafsu makan, masalah pernapasan, sakit gigi, kram kaki, sakit punggung, dan iritasi kemih atau genital.

- Gejala psikologis

Gejala-gejala ini mungkin termasuk perubahan pola tidur, kecemasan, depresi, penurunan libido dan kegelisahan.

Sindrom ini tidak masuk dalam kategori gangguan kesehatan mental. Namun, beberapa penelitian menunjukan orang yang memiliki riwayat gangguan suasana hati berisiko besar mengalami sindrom couvade.

Penyebab

Menurut data Healthline, sindrom couvade bisa terjadi karenna faktor-faktor berikut ini:

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.