Meski Pandemi, Orangtua Wajib Berikan Imunisasi Rutin untuk Anak

Kompas.com - 20/05/2020, 18:00 WIB
Ilustrasi imunisasi JovanmandicIlustrasi imunisasi

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 telah membuat perubahan besar di dunia ini, termasuk dalam hal layanan kesehatan.

Demi meminimalisir infeksi virus corona, konseling kesehatan pun banyak dilakukan lewat layanan virtual.

Tentunya, hal ini membuat pelayanan kesehatan tak bisa bekerja maksimal seperti dulu.

Yah, hal ini tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi para orangtua yang harus memberikan imunisasi untuk buah hati mereka,

Menurut data Cleveland Clinic, ketakutan akan infeksi Covid-19 membuat banyak anak-anak di dunia tak lagi mendapatkan imunisasi rutin dan esensial.

Baca juga: Bagaimana Penggunaan Masker Melindungi Kita dari Covid-19?

Dokter anak dari Cleveland Clinic, Kimberly Guilano mengatakan, anak yang tidak mendapatkan vaksin rutin akan berisiko mengalami penyakit lain yang lebih berbahaya daripada Covid-19, salah satunya campak.

Hal yang sama juga dituturkan dokter anak Skyler Kalady sehingga dia merekomendasikan orangtua agar memastikan anak-anak mereka tetap mendapatkan imunisasi.

Pentingnya Imunisasi anak

Kalady mengatakan, anak-anak memang berisiko terinfeksi Covid-19. Namun, anak yang terinfeksi Covid-19 umumnya mengalami gejala yang ringan atau bahkan tanpa gejala dibandingkan orang dewasa.

"Orangtua harus tetap memprioritaskan imunisasi rutin untuk snag buah hati terlepas dari risiko Covid-19 tersebut," ucapnya.

Jika anak-anak tak mendapatkan imunisasi atau vaksin rutin, mereka berisiko tinggi mengalami penyakit yang sebenarnya bisa dicegah dengan vaksin.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X