Perlukah Menggunakan Face Shield untuk Cegah Corona?

Kompas.com - 29/05/2020, 16:30 WIB
ilustrasi face shield shutterstock/pixflyilustrasi face shield

KOMPAS.com - Belakangan, banyak orang yang beraktivitas di luar rumah mengenakan face shield atau perisai wajah untuk melindungi diri dari virus corona.

Face shield adalah alat pelindung diri (APD) penutup wajah mirip perisai yang dibuat dari plastik transparan.

Alat ini telah lama digunakan dokter dan perawat untuk tindakan medis seperti operasi dan tes swab.

Baca juga: Waspada, Puncak Kedua Pandemi Corona yang Lebih Bahaya

Seperti dilaporkan New York Times (24/5/2020), Pemerintah Singapura membekali murid dan guru dengan face shield saat masuk sekolah pada Juni 2020.

Kebijakan sejenis juga diterapkan di Philadelphia dan California AS saat kegiatan belajar dan mengajar dimulai dalam waktu dekat.

Lantas, apakah masyarakat juga perlu mengenakan face shield saat beraktivitas di luar rumah?

Face shield dapat mencegah penularan virus corona

Ahli penyakit menular dari University of Iowa, AS, Dr. Eli Perencevich berpendapat, face shield dapat mengurangi penularan infeksi penyakit, termasuk Covid-19 yang disebabkan virus corona.

Langkah pencegahan penularan penyakit efektif dijalankan dengan berbagai catatan.

Di antaranya, pemangku kebijakan meningkatkan tes covid-19 massal dan gencar melacak kontak pasien positif corona, serta masyarakat aktif jaga jarak dan rajin membersihkan tangan.

Baca juga: Cuci Tangan 6 Kali Sehari untuk Cegah Penularan Virus Corona

Menurut Perencevich, face shield dapat melindungi masyarakat seperti para petugas medis yang rentan tertular virus corona.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X