Kompas.com - 24/03/2021, 14:01 WIB
Ilustrasi penyakit jantung. SHUTTERSTOCKIlustrasi penyakit jantung.

KOMPAS.com - Banyak orang mengira, penyakit jantung kerap menimbulkan gejala nyeri dada hebat sampai membuat penderitanya tersungkur.

Padahal, tidak semua gangguan organ vital ini memiliki tanda kentara. Sebagian di antaranya merupakan penyakit jantung tanpa gejala.

Dalam dunia kesehatan, penyakit jantung yang tiba-tiba menyerang tanpa “aba-aba” jelas ini dikenal dengan silent myocardial infarction.

Baca juga: 13 Gejala Penyakit Jantung yang Kerap Tidak Disadari Pengidapnya

Melansir Harvard Health Publishing, penyakit jantung tanpa gejala ini umumnya berupa serangan jantung yang sangat ringan dan berlangsung singkat.

Saking tidak terasanya, sebagian penderita mengabaikannya lantaran menganggap penyakit ini tidak serius.

Penyakit jantung tanpa gejala banyak dialami pria. Mereka baru mengetahui terkena penyakit ini setelah pemeriksaan kesehatan menunjukkan ada bekas luka miokard pertanda serangan jantung.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain pria, penyakit jantung tanpa gejala rentan menyerang perokok, orang dengan berat badan berlebih, kurang olahraga, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan diabetes.

Seperti serangan jantung pada umumnya, penyakit jantung tanpa gejala juga rentan berbahaya karena bisa meningkatkan risiko serangan jantung kedua yang berdampak fatal.

Kendati memiliki embel-embel tanpa gejala, tapi sebenarnya masalah kesehatan ini bisa dikenali dari perubahan fisik penderitanya.

Baca juga: 10 Cara Mengobati Penyakit Jantung

 

Berikut beberapa tanda penyakit jantung tanpa gejala yang wajib diwaspadai:

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X