Kompas.com - 13/04/2021, 16:04 WIB
Berbuka dengan kurma merupakan sunah Nabi Muhammad SAW. Tapi di samping itu, kurma juga memiliki banyak manfaat kesehatan. UNSPLASH/MONA MOKBerbuka dengan kurma merupakan sunah Nabi Muhammad SAW. Tapi di samping itu, kurma juga memiliki banyak manfaat kesehatan.

KOMPAS.com - Bulan Ramadan sering diidentikkan dengan buah kurma. Ya, buah berwarna coklat ini memang kian diburu saat berpuasa.

Hal ini berkaitan dengan tuntunan sunah berbuka puasa dengan kurma.

Tuntunan ini bukan sekadar sunah saja, banyak penelitian membuktikan bahwa kurma memang baik dikonsumsi sebagai makanan pembuka untuk buka puasa.

Baca juga: 9 Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh saat Puasa

Melansir dari Boldsky, konsumsi kurma saat perut kosong dapat membantu menyeimbangkan gula darah dan mengontrol kerja usus.

Kurma mengandung nutrisi sehat. Seperti yang kita ketahui, kurma merupakan sumber serat dan gula alami yang baik bagi tubuh.

Laporan Healthline menyebutkan, perpaduan serat dan gula alami dalam kurma ini memungkinkan peningkatan kadar gula darah yang lebih lambat.

Dengan begitu, ketika kita berbuka puasa dengan kurma, akan merasa berenergi tapi tidak segera mengantuk.

Buah yang terkenal dari Timur Tengah ini juga dikenal dengan bentuk kalori terkonsentrasi.

Ini membuat kurma merupakan pilihan yang sangat tepat untuk berbuka puasa karena dapat mengenyangkan tapi tanpa merasa terlalu penuh.

Kurma juga menyediakan jenis karbohidrat yang dilepaskan secara lambat. Akibatnya, mengonsumsi buah ini saat berbuka puasa memungkinkan aliran energi yang stabil.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X