Kompas.com - 12/04/2021, 10:40 WIB
Ilustrasi puasa menurunkan berat badan Ilustrasi puasa menurunkan berat badan

KOMPAS.com – Cara menjaga daya tahan tubuh saat puasa penting dipahami sebagai bagian dari upaya membuat tubuh tidak mudah terserang penyakit ketika menjalankan ibadah puasa.

Terlebih lagi, pandemi Covid-19 belum juga berakhir hingga 2021 ini. Daya tahan tubuh harus dibuat kuat agar tidak mudah terpapar virus corona.

Sambil mengikuti tatanan berpuasa yang memang menyehatkan, orang-orang kiranya juga perlu melakukan hal-hal lain yang bisa membantu beradaptasi dan membuat badan terasa bugar selama Ramadan.

Baca juga: 10 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Secara umum, berikut ini adalah beberapa cara menjaga daya tahan tubuh saat puasa yang baik dipraktikkan:

1. Konsumsi makanan bergizi saat sahur dan buka puasa

Mengonsumsi makanan bergizi adalah salah kunci utama dari cara menjaga daya tahan tubuh tetap prima.

Saat puasa di tengah pandemi Covid-19, Anda bisa menerapkannya saat sahur dan berbuka puasa.

Jadi, yang pertama, Anda disarankan jangan pernah melewatkan makan sahur saat puasa. Hal itu hanya akan membuat Anda menjadi lemas dan tubuh tidak bugar selama seharian penuh.

Saat makan sahur, coba pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks untuk memperoleh energi dan juga berserat tinggi.

Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks pada umumnya juga memiliki lebih banyak mineral dan vitamin yang sangat penting bagi tubuh.

Baca juga: 8 Jenis Vitamin dan Mineral yang Bantu Perkuat Sistem imun

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X