Kompas.com - 25/03/2022, 19:02 WIB

KOMPAS.com – Tidak terasa, sebentar lagi umat Islam akan menyambut bulan suci Ramadhan. Sejumlah persiapan pun perlu dilakukan agar ibadah puasa dapat dijalani dengan khidmat.

Selain persiapan batin, tubuh juga perlu dikondisikan agar sehat selama berpuasa satu bulan. Sebab, tubuh butuh beradaptasi dengan pola makan dan tidur yang baru selama Ramadhan. Terlebih, puasa tahun ini masih dijalani dalam situasi pandemi Covid-19.

Berikut Kompas.com rangkumkan empat persiapan sebelum menjalani ibadah puasa Ramadhan.

  1. Biasakan mengonsumsi makanan sehat

    Tubuh perlu dibiasakan mengonsumsi makanan sehat sebagai persiapan puasa. Dengan demikian, asupan nutrisi untuk tubuh akan tercukupi dan kesehatan ikut terjaga pula.

    Jelang puasa, penuhi asupan nutrisi yang berasal dari sayur, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, daging merah tanpa lemak, dan susu.

    Baca juga: Kapan Puasa Ramadhan dan Idul Fitri 2022? Ini Perkiraannya

    Anda juga dapat mengurangi konsumsi gorengan dan gula. Seperti diketahui, gorengan merupakan makanan dengan kandungan lemak tinggi.

    Sementara, kandungan gula berlebih dapat menyebabkan tubuh mudah lelah dan lesu selama berpuasa. Kelebihan kadar gula juga meningkatkan risiko diabetes, tekanan darah tinggi, stroke, dan serangan jantung.

    Dilansir dari health.harvard.edu, Anda sudah bisa mencukupi kadar gula tubuh dengan mengonsumsi sayur, buah, biji-bijian, dan susu. Gula yang terdapat di dalam makanan itu menawarkan pasokan energi yang stabil untuk sel tubuh Anda.

    Oleh karena itu, hindari makanan mengandung gula tinggi pada sejumlah minuman ringan dan camilan, seperti biskuit. Pasalnya, makanan tersebut dapat meningkatkan kadar gula yang sebenarnya sudah dicukupi dengan sayur, buah, dan biji-bijian.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.