Kompas.com - 26/03/2022, 06:01 WIB

KOMPAS.com - Cara mengobati limfadenitis bengkak perlu disesuaikan akar penyebab kelenjar getah bening bengkak.

Perlu diketahui, limfadenitis adalah peradangan pada kelenjar getah bening. Kondisi ini membuat salah satu sistem daya tahan tubuh ini membengkak.

Di dalam tubuh terdapat sekitar 600 kelenjar getah bening. Pada kondisi normal, kelenjar sebesar kacang ini hanya teraba di bawah rahang, ketiak, dan di daerah selangkangan.

Baca juga: 10 Gejala Limfadenitis dan Penyebabnya

Ketika terkena infeksi, kelenjar getah bening bisa bengkak atau membesar dan terasa lunak saat disentuh.

Sebelum mengenali beberapa perawatan untuk menyembuhkan limfadenitis, ketahui dulu beberapa penyebabnya.

Penyebab limfadenitis

Dilansir dari Johns Hopkins Medicine, ada beberapa kemungkinan penyebab peradangan pada kelenjar getah bening yang paling sering, antara lain:

  • Infeksi virus seperti flu
  • Infeksi bakteri seperti TBC
  • Infeksi jamur

Di beberapa kasus yang jarang terjadi, penyebab limfadenitis terkait tumor ganas di kelenjar getah bening atau kanker limfoma.

Jika Anda menderita limfadenitis, penting untuk mengetahui akar penyebab masalah kesehatan ini. Tujuannya agar pengobatan tepat dan penyakit bisa disembuhkan.

Baca juga: 4 Penyebab Kelenjar Getah Bening Bengkak

Cara mendeteksi penyebab limfadenitis

Saat memeriksa penderita, dokter biasanya menanyakan gejala lain, seperti sering demam, kerap berkeringat di malam hari, ada tidaknya binatang peliharaan di rumah, atau kontak dengan penderita penyakit menular.

Selain memeriksa fisik dan menanyakan riwayat kesehatan, dokter biasanya juga merekomendasikan beberapa tes, seperti tes darah dan pemeriksaan sampel jaringan atau cairan kelenjar getah bening.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.