Kompas.com - 13/07/2022, 19:00 WIB

KOMPAS.com - Istilah "blue code" mulai ramai diperbincangkan masyarakat sejak selebriti Lutfi Agizal menceritakan kondisi buah hatinya yang harus masuk ke NICU setelah mengalami blue code saat persalinan.

Lalu apa itu blu code? Rumah sakit sering menggunakan nama kode untuk mengingatkan staf mereka tentang keadaan darurat atau peristiwa lainnya.

Kode-kode ini dapat dikomunikasikan melalui interkom di rumah sakit atau langsung ke staf menggunakan perangkat komunikasi seperti pager.

Kode memungkinkan personel rumah sakit yang terlatih untuk merespons dengan cepat dan tepat berbagai peristiwa.

Penggunaan kode juga dapat membantu mencegah kekhawatiran atau kepanikan pengunjung dan orang yang dirawat di rumah sakit.

Kode rumah sakit yang paling umum adalah kode biru, kode merah, dan kode hitam.

Kode biru atau blu code menunjukkan keadaan darurat medis seperti henti jantung atau pernapasan.

Kode merah menunjukkan kebakaran atau asap di rumah sakit. Kode hitam biasanya berarti ada ancaman bom terhadap fasilitas tersebut.

Baca juga: Mengenal Operasi Tulang Ekor, Opsi Akhir Atasi Nyeri Ujung Tulang Belakang

Penggunaan blue code

Kode biru adalah kode darurat yang paling dikenal secara universal. Kode biru berarti ada keadaan darurat medis yang terjadi di dalam rumah sakit.

Penyedia layanan kesehatan mengaktifkan kode biru, biasanya dengan menekan tombol peringatan darurat atau menekan nomor telepon tertentu, jika mereka merasa nyawa orang yang mereka tangani dalam bahaya.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.