Kompas.com - 03/08/2022, 19:31 WIB

KOMPAS.com - Komedo adalah jenis jerawat yang terbentuk ketika kantong kelenjar (folikel) di kulit wajah tersumbat minyak, sel kulit mati, atau bakteri.

Penumpukan minyak, sel kulit mati, dan bakteri di wajah ini bisa menyebabkan komedo hitam (blackhead) maupun komedo putih (whitehead).

Salah satu cara menghilangkan komedo membandel yang bisa dijajal adalah menggunakan krim retinol secara rutin.

Simak manfaat retinol untuk pengangkat komedo dan cara pakai retinol untuk menghilangkan komedo berikut ini.

Baca juga: Kenali Apa itu Retinol, Fungsi, dan Cara Pakainya untuk Pemula

Manfaat retinol untuk menghilangkan komedo

Retinol adalah salah satu turunan vitamin A yang sering digunakan sebagai bahan aktif skincare atau produk perawatan kulit.

Dilansir dari Allure, manfaat retinol bisa digunakan untuk pengangkat komedo dengan cara mengurangi minyak berlebih, sehingga sel-sel kulit mati dan kotoran tidak gampang menempel dan menyumbat pori-pori kulit.

Selain itu, retinol juga dapat mempercepat proses pergantian atau regenerasi sel-sel kulit mati. Dengan begitu, komedo bisa cepat terangkat.

Baca juga: 5 Cara Pakai Retinol untuk Pemula, Perhatikan untuk Cegah Iritasi

Cara menghilangkan komedo dengan krim retinol

Dilansir dari MDAcne, cara menghilangkan komedo dengan krim retinol untuk pemula sebaiknya dimulai dengan krim retinol yang memiliki dosis rendah antara 0,25 persen sampai 0,5 persen terlebih dahulu.

Cara pakai retinol untuk pemula, gunakan krim retinol dengan dosis rendah ini seminggu sekali. Jika tidak ada efek samping iritasi atau kemerahan, lanjutkan pemakaian menjadi seminggu dua kali selama dua minggu.

Setelah kulit bisa beradaptasi, baru gunakan krim retinol dosis rendah setiap hari.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.