Kompas.com - 19/07/2022, 19:01 WIB

KOMPAS.com - Apakah Anda berencana memakai produk perawatan kulit atau skincare yang mengandung retinol?

Seperti diketahui, skincare retinol memang tengah naik daun. Produk yang mengandung turunan vitamin A ini berfungsi untuk membantu mengatasi jerawat, membuat kulit lebih kenyal, sampai menyamarkan kerutan halus.

Meskipun cukup ampuh untuk mengatasi beberapa masalah kulit, beberapa orang belum mengetahui cara pakai retinol untuk pemula.

Simak panduan apakah retinol bisa dipakai setiap hari sampai kiat memilih produk skincare berbasis retinol berikut.

Baca juga: Kenali Apa itu Retinol, Fungsi, dan Cara Pakainya untuk Pemula

Apakah retinol bisa dipakai setiap hari?

Bisa tidaknya retinol dipakai setiap hari tergantung jenis produk yang digunakan, tingkat sensitivitas kulit, dan berapa persen kadar retinol yang digunakan.

Dilansir dari Healthline, pemula yang akan menggunakan retinol dianjurkan tidak memakainya setiap hari. Bagi yang belum pernah menggunakan produk ini, retinol sebaiknya mulai dipakai sekali atau dua kali seminggu saja.

Pasalnya, efek retinol di tahap awal bisa membuat kulit kering. Hal ini bisa menimbulkan masalah, terutama bagi pemilik kulit sensitif. Untuk itu, di tahap awal ada baiknya retinol sebaiknya tidak dipakai setiap hari.

Setelah dua minggu pemakaian dan tidak ada efek retinol yang negatif ke kulit, baru tambahkan intensitas pemakaiannya. Retinol bisa dipakai empat kali seminggu; yakni dua malam berturut-turut, lalu satu malam setelahnya libur.

Selang sebulan setelah dipakai tanpa efek samping negatif dan hasilnya mulai terasa, retinol bisa dipakai setiap hari.

Baca juga: 4 Manfaat Retinol untuk Kulit Wajah

Cara pakai retinol mulai dari berapa persen?

Selain intensitas penggunaan, di tahap awal penggunaan baiknya Anda mulai dulu dari retinol dengan kadar rendah antara 0,1 persen sampai 0,25 persen.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.