Kompas.com - 05/07/2022, 14:01 WIB

KOMPAS.com - Retinol adalah salah satu bahan aktif produk perawatan kulit atau skincare yang belakangan naik daun.

Skincare retinol jamak tersedia dalam bentuk serum, gel, atau krim yang dioleskan ke kulit.

Untuk mengenal lebih dekat produk perawatan kulit populer ini, kenali apa itu retinol, fungsi, sampai cara pakainya untuk pemula.

Baca juga: Serum Vitamin C Dipakai Pagi atau Malam, Mana yang Lebih Baik?

Apa itu retinol?

Dilansir dari MedicalNewsToday, retinol adalah senyawa kimia yang memiliki kandungan  vitamin A. Bahan skincare ini juga dikenal dengan nama retinoid, vitamin A1, atau retin-A.

Retinol ada yang dijual bebas sebagai produk perawatan kulit harian dengan dosis maksimal dua persen, serta obat yang diresepkan dokter dengan dosis yang lebih tinggi.

Zat ini ketika dioleskan ke kulit dapat menembus lapisan paling dalam kulit, atau dikenal dengan dermis. Ketika diserap tubuh, zat ini berubah menjadi asam retinoat.

Baca juga: Amankah Niacinamide Digunakan Bersamaan dengan Retinol?

Fungsi retinol

Dilansir dari Healthline, fungsi retinol dapat digunakan untuk membantu mengatasi jerawat sampai beragam masalah kulit, di antaranya:

  • Membantu mengatasi jerawat

Retinol bisa mencegah pori-pori tersumbat minyak, kotoran, dan sel kulit mati. Selain itu, zat kimia ini juga bisa mencegah jerawat kemerahan, bengkak, dan meradang.

  • Mendukung peremajaan kulit

Retinol dapat membantu mempercepat proses pergantian sel, sehingga kulit terlihat lebih cerah dan garis-garis halus di kulit memudar. Selain itu, zat ini juga bisa merangsang produksi kolagen, sehingga kulit tampak lebih kenyal.

  • Mengatasi kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari tanpa proteksi memadai bisa menyebabkan munculnya kerutan, garis-garis halus di wajah, sampai hiperpigmentasi. Retinol bisa membantu menyamarkan masalah kulit akibat paparan sinar matahari ini.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.