Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/07/2022, 14:01 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Retinol adalah salah satu bahan aktif produk perawatan kulit atau skincare yang belakangan naik daun.

Skincare retinol jamak tersedia dalam bentuk serum, gel, atau krim yang dioleskan ke kulit.

Untuk mengenal lebih dekat produk perawatan kulit populer ini, kenali apa itu retinol, fungsi, sampai cara pakainya untuk pemula.

Baca juga: Serum Vitamin C Dipakai Pagi atau Malam, Mana yang Lebih Baik?

Apa itu retinol?

Dilansir dari MedicalNewsToday, retinol adalah senyawa kimia yang memiliki kandungan  vitamin A. Bahan skincare ini juga dikenal dengan nama retinoid, vitamin A1, atau retin-A.

Retinol ada yang dijual bebas sebagai produk perawatan kulit harian dengan dosis maksimal dua persen, serta obat yang diresepkan dokter dengan dosis yang lebih tinggi.

Zat ini ketika dioleskan ke kulit dapat menembus lapisan paling dalam kulit, atau dikenal dengan dermis. Ketika diserap tubuh, zat ini berubah menjadi asam retinoat.

Baca juga: Amankah Niacinamide Digunakan Bersamaan dengan Retinol?

Fungsi retinol

Dilansir dari Healthline, fungsi retinol dapat digunakan untuk membantu mengatasi jerawat sampai beragam masalah kulit, di antaranya:

  • Membantu mengatasi jerawat

Retinol bisa mencegah pori-pori tersumbat minyak, kotoran, dan sel kulit mati. Selain itu, zat kimia ini juga bisa mencegah jerawat kemerahan, bengkak, dan meradang.

  • Mendukung peremajaan kulit

Retinol dapat membantu mempercepat proses pergantian sel, sehingga kulit terlihat lebih cerah dan garis-garis halus di kulit memudar. Selain itu, zat ini juga bisa merangsang produksi kolagen, sehingga kulit tampak lebih kenyal.

  • Mengatasi kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari tanpa proteksi memadai bisa menyebabkan munculnya kerutan, garis-garis halus di wajah, sampai hiperpigmentasi. Retinol bisa membantu menyamarkan masalah kulit akibat paparan sinar matahari ini.

  • Mengangkat sel kulit mati

Penumpukan sel kulit mati lambat laun bisa membuat kulit kering, kusam, dan teksturnya kasar. Retinol bisa membantu menghidrasi kulit sekaligus mengangkat sel kulit mati.

Baca juga: Manfaat dan Efek Samping Serum Vitamin C bagi Kesehatan Kulit

Cara pakai retinol untuk pemula

Untuk memetik manfaat retinol, ada baiknya Anda menggunakannya dengan cara yang tepat. Berikut beberapa cara pakai retinol untuk pemula:

  • Sebelum mengoleskan retinol ke wajah atau area kulit yang lebih luas, coba oleskan sedikit retinol ke lengan bagian dalam. Lihat dulu, apakah ada alergi atau reaksi negatif dari kulit. Jika aman, lanjutkan pemakaian
  • Untuk tahap awal pemakaian, pilih skincare retinol dengan konsentrasi 0,05 persen. Selain itu, jangan digunakan setiap hari. Jajal dulu dua sampai tiga kali seminggu. Jika tidak ada efek samping ruam atau masalah pada kulit, baru gunakan setiap hari
  • Gunakan retinol setelah wajah atau kulit dibersihkan sampai tuntas. Berikan jeda sekitar 20—30 menit setelah kondisi kulit bersih dan kering sempurna, baru oleskan retinol
  • Apabila Anda khawatir kondisi kulit jadi sensitif ketika terpapar matahari, gunakan retinol pada malam hari. Jika ingin menggunakan produk ini di pagi atau siang hari, jangan lupa menggunakan tabir surya minimal SPF 30
  • Pastikan untuk menggunakan pelembap setelah mengoleskan retinol. Jika khawatir dengan efek retinol ke kulit, Anda bisa mengoleskan pelembap dulu, retinol, oleskan lagi pelembap ke kulit, baru gunakan tabir surya

Apabila digunakan secara tepat, retinol umumnya aman digunakan pemilik kulit yang tidak terlalu bermasalah. Anda bisa memetik manfaat atau fungsi retinol minimal enam minggu setelah pemakaian.

Perlu diingat, skincare retinol tidak boleh digunakan untuk ibu hamil, ibu menyusui, pemilik kulit kering dan sensitif, penderita rosacea, eksim, atau jerawat parah.

Setelah menyimak apa itu retinol, fungsi, dan cara pakainya, Anda bisa memutuskan perlu tidaknya menggunakan produk perawatan kulit ini.

Agar lebih aman, pastikan Anda berkonsultasi ke dokter kulit yang biasanya menangani sebelum menggunakan skincare retinol.

Baca juga: 7 Rekomendasi Bahan Produk Skincare untuk Jerawat

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com