Kompas.com - 31/08/2022, 22:01 WIB

KOMPAS.com - Tumor testis adalah benjolan abnormal yang tumbuh di organ reproduksi pria ini.

Dilansir dari UrologyHealth, testis adalah kelenjar berbentuk seperti telur yang dilindungi kantung skrotum.

Organ reproduksi pria ini berfungsi sebagai tempat pematangan sperma. Testis juga berguna untuk membuat hormon testosteron pengontrol gairah seks, menunjang pertumbuhan otot, tulang, dan rambut.

Tumbuhnya benjolan abnormal pada organ ini bisa memengaruhi kinerja testis. Untuk meningkatkan kewaspadaan pada masalah kesehatan ini, kenali beberapa penyebab tumor testis.

Baca juga: 8 Penyebab Testis Nyeri

Penyebab tumor testis

Menurut American Cancer Society, penyebab tumor testis tidak diketahui secara pasti. Namun, ilmuwan telah memetakan sejumlah faktor yang terkait penyakit ini. Berikut beberapa di antaranya:

  • Testis tidak turun saat lahir

Kelainan testis bawaan lahir kriptorkismus bisa meningkatkan risiko tumor dan kanker testis di kemudian hari.

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia, kelainan ini menyebabkan testis tidak berada di kantong skrotum saat bayi lahir, tapi masih berada di dalam salurannya.

  • Faktor keturunan

Dikutip dari Cleveland Clinic, pria memiliki risiko lebih tinggi mengembangkan tumor testis apabila memiliki ayah atau saudara laki-laki yang mengidap tumor atau kanker testis.

Selain itu, sindrom klinefelter yang bersifat menurun dalam keluarga juga dapat meningkatkan risiko penyakit ini.

Baca juga: Kenali Apa itu Varikokel, Varises di Kantong Testis Pria

  • Mutasi DNA tertentu

DNA adalah bahan kimia yang membentuk gen. Tubuh memiliki gen onkogen yang mengontrol pembelahan sel agar bisa terus tumbuh, serta gen supresor tumor untuk menghambat pembelahan sel.

Tumor testis terjadi ketika ada perubahan DNA yang membuat onkogen lebih aktif atau mematikan supresor tumor di organ reproduksi ini.

Terlepas dari penyebab tumor testis, masalah kesehatan ini paling sering menyerang pria berusia 25 sampai 45 tahun. Jenis yang paling umum diderita pria adalah tumor seminoma testis.

Jika Anda merasakan gejala tumor testis seperti skrotum terasa berat, perbedaan ukuran testis mencolok, kerap sakit perut bagian bawah, atau sering nyeri punggung, segera lakukan pemeriksaan ke dokter. Terutama jika memiliki faktor penyebab tumor testis di atas. 

Baca juga: 4 Ciri-ciri Varikokel dan Penyebabnya, Pria Perlu Tahu

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.