Kompas.com - 30/08/2022, 16:31 WIB

KOMPAS.com - Area lipatan tubuh seperti leher, rentan mengalami perubahan warna lebih gelap atau menghitam.

Kondisi yang dikenal awam dengan istilah leher hitam ini ternyata bukan hanya masalah penampilan, tapi juga bisa jadi tanda suatu penyakit.

Berikut beberapa kemungkinan penyebab leher hitam yang perlu Anda waspadai.

Baca juga: 8 Penyebab Selangkangan Hitam, Bisa Terkait Penyakit

Penyebab leher hitam

Alasan kenapa leher hitam bisa terjadi karena faktor hormon sampai penyakit tertentu. Berikut beberapa di antaranya:

  • Kadar insulin tinggi

Dilansir dari MedicalNewsToday, penyebab leher hitam kebanyakan karena kadar hormon insulin yang tinggi. Gangguan hormon yang berguna untuk memetabolisme gula darah ini rentan dialami orang dengan kadar gula darah tinggi, penderita diabetes, obesitas, dan sindrom ovarium polikistik.

  • Efek samping obat tertentu

Dikutip dari MayoClinic, penggunaan niasin dosis tinggi, pil KB, prednison, dan obat jenis kortikosteroid bisa memengaruhi keseimbangan hormon dan terkadang menyebabkan efek samping leher hitam.

Baca juga: 12 Penyebab Bibir Hitam dan Cara Memerahkannya

  • Peradangan kulit

Penumpukan sel kulit mati, minyak, keringat berlebih, dan paparan bakteri di kulit sekitar belakang leher bisa menyebabkan peradangan. Kondisi ini biasanya terjadi karena area kulit leher belakang jarang dibersihkan sampai kebiasaan membilas sabun saat mandi yang tidak tuntas.

  • Hiperpigmentasi bawaan

Kelainan bawaan langka yang dikenal dengan sindrom Zinsser-Engman-Cole menyebabkan hiperpigmentasi pada kulit leher. Penyakit ini ditandai dengan leher yang terlihat gelap, muncul bercak putih di dalam mulut, kuku menonjol, dan bulu mata yang lebih sedikit dibandingkan biasanya.

Baca juga: Kenapa Ada Garis Hitam di Kuku? Kenali Beberapa Penyebabnya…

  • Infeksi jamur

Penyebab leher hitam juga dapat berasal dari infeksi jamur Mallassezia furfur. Jamur ini secara alami ada di kulit. Tapi, apabila pertumbuhannya berlebihan, kulit di beberapa bagian tubuh seperti leher, punggung, dada, dan lengan dapat terlihat lebih gelap.

  • Tanda penyakit kanker tertentu

Alasan lain kenapa leher hitam terkadang juga bisa jadi tanda penyakit kanker tertentu. Di antaranya kanker kelenjar getah bening, lambung, usus besar, dan hati.

Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dan Flek Hitam Lebih Cepat

Cara mendeteksi penyebab leher hitam

Mengingat ada banyak kemungkinan alasan kenapa leher hitam, ada baiknya Anda periksa ke dokter jika mendapati kondisi ini berkepanjangan.

Terutama jika Anda sudah berupaya berbagai perawatan tubuh untuk menghilangkan leher hitam.

Dokter dapat mengetahui penyebab leher hitam secara pasti dengan melakukan pemeriksaan fisik, melihat hasil pemeriksaan tes darah untuk menakar kadar gula darah dan hormon, sampai pemeriksaan sampel kulit untuk melihat ada tidaknya kemungkinan infeksi jamur.

Baca juga: Cara Menghilangkan Ketiak Hitam secara Alami

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.