Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Apa Itu Infeksi Tindik Telinga, Gejala, dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 12/04/2023, 14:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Tindik telinga akan meninggalkan luka terbuka yang memerlukan waktu hingga beberapa bulan untuk akhirnya sembuh.

Kondisi ini kemudian membuatnya rentan terkena infeksi bakteri yang akan memicu berbagai gejala, seperti keluarnya nanah pada bekas tindikan hingga tubuh yang menjadi demam.

Untuk lebih jelasnya, kenali infeksi tindik telinga, gejala, dan cara mengatasinya berikut ini.

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Telinga Kemasukan Air

Apa itu infeksi tindik telinga?

Dilansir dari Cleveland Clinic, tindik telinga adalah prosedur untuk melubangi bagian cuping atau tulang rawan telinga, baik di bagian tengah atau di bagian atas.

Lubang atau tindik telinga ini memerlukan waktu hingga beberapa minggu untuk sembuh sepenuhnya.

Selama waktu penyembuhan tersebut, tindik telinga rentan mengalami infeksi yang disebabkan oleh bakteri sehingga bisa menjadi kemerahan, bengkak, nyeri, hingga mengeluarkan nanah.

Gejala infeksi tindik telinga

Telinga yang ditindik yang terasa sakit dan berubah menjadi kemerahan merupakan kondisi yang normal karena merupakan bagian dari proses penyembuhan.

Menurut Cleveland Clinic, tindik telinga yang membengkak tidak selalu merupakan gejala infeksi karena bisa berupa penumpukan cairan yang bisa diatasi dengan menempelkan kompres hangat.

Namun umumnya, gejala infeksi tindik telinga yang muncul, seperti:

  • Keluar nanah pada bagian yang ditindik
  • Tubuh menjadi demam
  • Kulit di sekitar tindikan berubah menjadi kemerahan, terasa hangat, atau bengkak
  • Terasa sakit atau tidak nyaman pada bagian telinga yang ditindik

Nanah yang keluar dari bekas tindikan bisa berwarna putih, hijau, kekuningan, atau bercampur darah.

Namun, iritasi yang ditimbulkan biasanya tidak terlalu parah dan umumnya tidak berbahaya serta bisa sembuh dalam waktu yang relatif cepat.

Baca juga: 7 Cara Menjaga Kesehatan Telinga

Cara mengatasi infeksi tindik telinga

Meskipun umumnya tidak berbahaya, infeksi tindik telinga perlu diatasi dengan segera untuk menghindari kondisi yang lebih parah dan menyebar ke bagian tubuh yang lainnya.

Menurut Mayo Clinic, ada beberapa langkah yang bisa diambil sebagai cara mengatasi infeksi tindik telinga yang bisa dilakukan setiap tiga kali sehari, yakni:

  1. Membersihkan tangan dengan sabun dan air, serta menyiapkan larutan garam yang merupakan campuran 0,24 liter atau satu cup air dengan setengah sendok teh garam
  2. Basahi kapas lembut pada larutan garam tersebut dan tempelkan pada area telinga yang terinfeksi dengan tetap mengenakan anting atau tindik
  3. Keringkan area yang terinfeksi dengan kain kasa atau kain bersih
  4. Oleskan krim antibiotik sesuai dengan petunjuk di dalam kemasan
  5. Putar-putar tindik atau anting beberapa kali agar tidak menempel di kulit

Mengetahui apa itu infeksi tindik telinga, gejala, serta cara mengatasinya sangat penting agar bisa mencegah kondisi yang lebih parah.

Namun, Anda disarankan untuk mencari bantuan medis ketika infeksi tindik telinga tidak kunjung membaik setelah tiga hari dan justru bertambah buruk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com