Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sedang Marah? Tulislah di Kertas dan Buang

Kompas.com - 15/04/2024, 12:00 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

Sumber CNA

KOMPAS.com - Rasa marah yang membara di dada bisa berdampak negatif pada kemampuan kita mengambil keputusan. Karena itu, carilah cara efektif untuk meredakan amarah.

Menurut studi terbaru di Jepang, menuliskan apa yang menjadi penyebab kemarahan kita di kertas lalu membuangnya bisa efektif untuk menenangkan diri.

Yang menarik, setelah ditulis kertas itu harus dibuang atau dirobek. Mereka yang tetap menyimpan kertas itu diketahui masih merasakan rasa marah.

"Kami memang berharap metode kami dapat menekan amarah. Namun, kami kagum bahwa kemarahan hampir hilang seluruhnya," kata ketua peneliti Nobuyuki Kawai.

Baca juga: 6 Cara Meredakan Marah demi Cegah Tekanan Darah Tinggi dan Stres

Dia menyebutkan, metode meredakan marah ini terinspirasi oleh tradisi Jepang yang disebut hakidashisara, di mana seseorang memecahkan cakram kecil yang mewakili hal-hal yang membuat mereka marah (dan ada juga festival tahunan berdasarkan tradisi tersebut).

"Teknik ini bisa dipakai kapan pun dengan cara menuliskan apa yang membuat kita marah, lalu membuangnya," kata Kawai.

Dalam penelitiannya ia merekrut 50 partisipan yang diminta menuliskan hal-hal yang membuat mereka marah, kemudian membuangnya.

Setelah dilakukan ternyata kemarahan yang dirasakan para partisipan menurun drastis dibandingkan dengan orang yang hanya menuliskan lalu menyimpan kertasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com