Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Menenangkan Otak yang Aktif Sebelum Tidur

Kompas.com - 16/04/2024, 20:00 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

Sumber Huffpost

KOMPAS.com - Tidur cukup dan berkualitas setiap malam memang harus diusahakan demi kesehatan. Namun, terkadang ada malam-malam di mana otak kita sangat aktif sehingga mata sulit terpejam.

Lakukan beberapa tips berikut untuk membantu kita lebih cepat tertidur:

- Kegiatan yang bikin rileks
Untuk mencegah insomnia memang tak disarankan untuk berbaring ketika otak kita masih aktif. Sebaliknya, jika kita memang belum mengantuk lakukan sesuatu yang membuat kita rileks sampai kita merasa lelah. Misalnya saja duduk di sofa yang nyaman dan mendengarkan musik menenangkan.

- Simpan dulu keresahan
Masalah yang menyebabkan stres, seperti tagihan bulanan atau email pekerjaan bisa membuat otak terus berputar. Cobalah untuk berhenti memikirkan hal-hal tersebut. Termasuk juga dengan tidak menonton atau membaca berita lewat ponsel sebelum tidur.

Baca juga: 16 Cara Sederhana Mengatasi Stres

- Buat daftar hal yang harus dilakukan
Janji telepon, presentasi yang harus dibuat, atau belanja kebutuhan tugas sekolah anak, merupakan sedikit dari hal yang sering coba kita ingat. Hal ini bisa menambah beban mental.

Alih-alih tuliskan daftar tugas yang harus dikerjakan dalam catatan. Luangkan waktu setidaknya 5 menit sebelum tidur untuk mencatat hal yang harus dikerjakan esok hari.

- Buatlah otot lebih rileks
Lepaskan tegangan dari tubuh dan kita akan merasa lebih mudah mengusir stres pikiran. Cobalah untuk berbaring di permukaan rata dan biarkan seluruh tubuh lemas.

Ambil napas dalam dan hembuskan. Kemudian remas satu bagian tubuh dan lepaskan. Dimulai dari jari-jari kaki, tumit, lutut, paha, dan seterusnya. Bagian kepala adalah yang terakhir. Rasakan bagaimana tubuh kita menjadi rileks.

- Jadikan kamar area bebas layar
Ponsel, laptop, dan layar gawai lainnya bisa mengganggu tidur kita. Ini karena perangkat gawai bisa memancarkan sinar biru yang memberi sinyal ke tubuh untuk berhenti membuat melatonin atau hormon tidur.

- Rasakan semua stres
Kita tidak akan bisa menghilangkan semua kekhawatiran selamanya. Faktanya, semakin kita mengatakan pada diri sendiri untuk tidak stres, kemungkinan besar kita akan mengalaminya. Tips yang cukup membantu adalah menjadwalkan “waktu khawatir” di siang hari.

Pilihlah satu waktu sebentar untuk duduk dengan tenang. Biarkan diri kita membahas semua hal yang membuat khawatir, serta beberapa cara untuk menyelesaikannya. Kita mungkin menyadari bahwa hal ini membuat kita tidak terlalu khawatir -- dan tidur lebih nyenyak.

Baca juga: Berapa Waktu Tidur yang Diperlukan Tubuh? Ini Penjelasannya...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com