Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada, Kurang Cairan Bikin Pengemudi Mengantuk

Kompas.com - 06/04/2024, 09:00 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Pemerintah memperkirakan arus mudik pada Lebaran 2024 akan lebih besar dibanding tahun sebelumnya. Pemudik perlu memiliki kesehatan yang prima dengan cukup tidur dan mengatur asupan.

Karena mudik dilakukan saat berpuasa, asupan makanan dan minuman perlu diperhatikan. Kebutuhan air juga harus cukup, sebab dehidrasi meningkatkan risiko mengantuk. Hal ini sangat berbahaya jika kita mengemudikan kendaraan.

Data Indonesian Hydration Working Group (IHWG) FKUI yang menunjukkan bahwa 1 dari 4 orang dewasa dan 1 dari 5 anak dan remaja di Indonesia kurang mengonsumsi cairan terlebih saat menjalankan ibadah puasa.

Dokter spesialis kedokteran keluarga layanan primer dan praktisi gizi, dr. Dian Kusuma Dewi M.Gizi mengatakan, air merupakan komponen terbesar dalam tubuh, sehingga harus dipenuhi secara rutin agar kesehatan badan tetap terjaga.

"Untuk memenuhi kebutuhan cairan saat puasa bisa menggunakan metode 2-4-2 yaitu dengan konsumsi 2 gelas saat sahur, 4 gelas saat berbuka dan setelahnya, serta 2 gelas sebelum tidur”, kata dr.Dian.

Dia juga merekomendasikan konsumsi air putih untuk menghilangkan dahaga. 

"Pastikan air yang diminum tidak berwarna, tidak berbau maupun tidak berasa. Selain itu pastikan air minum berasal dari sumber terpercaya dan asli kemurniannya, serta aman," ujarnya.

Baca juga: 16 Ciri-ciri Dehidrasi Ringan saat Puasa dan Cara Mencegahnya

Untuk menjaga kesehatan selama di perjalanan, ia mengingatkan pentingnya memenuhi kebutuhan nutrisi, terutama asupan protein.

Konsumsi susu saat berbuka atau sahur juga dianjurkan. Selain untuk melengkapi asupan gizi, susu juga memenuhi hidrasi.

"Susu sebagai sumber protein hewani dapat membuat energi tercukupi agar lebih semangat menjalankan puasa. Tidak hanya anak anak, tapi orang dewasa juga penting minum susu," katanya.

Konsumsi kafein sebaiknya juga dibatasi karena bisa bersifat diuretik sehingga kita lebih sering buang air kecil. Hal ini pada gilirannya juga bisa membuat tubuh dehidrasi.

Selama di perjalanan mudik yang biasanya butuh waktu lebih panjang dari biasanya, jangan lupa untuk beristirahat sebab kelelahan juga dapat membuat seseorang mengantuk.

Tips lain adalah melakukan peregangan singkat saat beristirahat di rest area untuk menghindari kekakuan otot. Duduk diam terlalu lama juga menjadi salah satu penyebab ngantuk.

Baca juga: 8 Buah Pilihan untuk Mengembalikan Cairan Tubuh Setelah Puasa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com