Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertolongan Pertama Saat Anak Flu dan Batuk

Kompas.com - 23/04/2024, 20:00 WIB
Rini Agustin,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Demam, flu, dan batuk pada anak umumnya terjadi akibat infeksi virus influenza. Anak memang lebih rentan menderita penyakit ini karena sistem imunnya belum terbentuk sempurna.

Meski menimbulkan gejala yang tergolong ringan, penting untuk menangani batuk dan flu pada anak agar tidak mengalami perburukan.

Ketika anak sakit flu dan batuk tentu ia menjadi lebih rewel atau susah makan. Namun, ada beberapa pertolongan pertama yang bisa dilakukan saat si kecil flu dan batuk, yaitu:

1. Penuhi asupan cairan

Menurut dr. Melia Yunita, MSc., Sp.A, untuk mencegah dehidrasi saat anak demam, ibu perlu memperbanyak asupan cairan untuk si kecil.

Baca juga: Anak Sakit Flu dan Batuk, Kapan Harus ke Dokter?

“Pastikan hidrasinya cukup, dengan kebutuhan cairan tercukupi maka anak lebih nyaman, demam pun sebenarnya juga bisa turun, dan lendir yang membuat anak batuk juga akan lebih encer,” ucapnya dalam acara Press Conference Bodrexin Flu & Batuk PE Dry Syrup di Jakarta Senin, (22/4/2024).

Untuk bayi, pastikan memberi ASI atau susu formula lebih sering dari biasanya. Sedangkan pada anak yang lebih besar, bisa diberikan air putih, sup hangat, atau buah-buahan yang tinggi kandungan airnya.

2. Istirahat

Penanganan flu dan batuk pada bayi yang tak kalah penting adalah memastikan ia mendapatkan waktu tidur yang cukup.

Saat tidur, sistem imun tubuh dapat bekerja secara optimal untuk melawan berbagai penyebab flu dan batuk seperti virus dan bakteri.

“Kalau anak sudah mulai sakit, istirahat yang cukup di rumah. Sebisa mungkin, biarkan anak tidur sedikit lebih awal dari biasanya atau tidur lebih lama,” ucapnya.

Baca juga: 8 Penyebab Pilek Tak Kunjung Sembuh dan Cara Mengatasinya

3. Berikan makanan bernutrisi

Pengobatan flu dan batuk pada anak akan optimal apabila mereka mengonsumsi makanan bernutrisi dan memenuhi kebutuhan gizi secara optimal.

“Makanan bergizi yang mengandung makronutrien dan mikronutrien, serta makanan pendamping ASI (MPASI) itu semua menjaga imunitas tubuh anak,” ujarnya.

4. Jangan lupa tindakan preventif

Selain mengobati, melakukan tindakan preventif untuk mencegah timbulnya penyakit flu dan batuk pada anak juga penting dilakukan.

Menurut dr.Melia, saat berada di tempat umum atau harus bertemu banyak orang, sebaiknya anak menggunakan masker.

Ajari anak untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dengan menutup mulut saat bersin atau batuk, mengelap hidung dengan tisu dan membuangnya, lalu mencuci tangan.

“Biasakan anak untuk cuci tangan setelah main di luar rumah, taman, atau playground, karena tangan anak-anak kadang suka mengusap mata, hidung, atau mulut yang akhirnya menyebabkan masuknya virus,” tambahnya.

Baca juga: Ketahui Manfaat Air Putih dalam Meredakan ISPA Akibat Polusi Udara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com