Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanda Kelebihan Konsumsi Vitamin dan Mineral

Kompas.com - 25/04/2024, 12:00 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Saat ini ada banyak produk makanan dan minuman yang ditambahkan vitamin dan mineral agar masuk dalam kategori "sehat". Hal ini seolah memudahkan kita yang pola makannya kurang bernutrisi.

Meski demikian, segala sesuatu yang berlebihan bisa berdampak negatif pada tubuh, tak terkecuali jika kelebihan vitamin dan mineral.

Bukannya lebih sehat, konsumsi suplemen vitamin yang berlebihan bisa menimbulkan gejala mual, diare, kram perut, rambut rontoh, hingga kerusakan saraf.

Mayoritas orang memang tidak akan kelebihan vitamin hanya karena konsumsi makanan saja.

"Jarang orang kelebihan vitamin dan mineral hanya dari makanan saja. Hal itu bisa terjadi ketika kita rutin minum suplemen dan juga makanan dan minuman yang difortifikasi," kata senior peneliti bidang nutrisi Johanna Dwyer seperti dikutip dari WebMD.

Baca juga: Kapan Kita Perlu Konsumsi Suplemen Vitamin C? Begini Faktanya

Walau begitu, menurut peneliti Andrew Shao Ph.D, jika kita hanya mengonsumsi multivitamin dasar, tidak perlu khawatir akan kelebihan.

"Kebanyakan multivitamin memiliki margin keamanan yang luas sehingga meskipun Anda menggabungkannya dengan makanan yang diperkaya, hal itu tetap tidak akan membuat bahaya," ujar Shao.

Tanda kelebihan suplemen

Pada dasarnya tidak ada gejala khusus yang menunjukkan seseorang kelebihan konsumsi vitamin. Kalau pun ada yang kelebihan, gejalanya ringan.

Tanda tubuh kelebihan vitamin dan mineral dari suplemen misalnya susah tidur, susah konsentrasi, gangguan saraf seperti kebas atau kesemutan, atau pun lebih sensitif. Gejalanya bervariasi tergantung pada nutrisi apa yang belebihan.

Menurut Dwyer ada tiga jenis nutrisi yang punya risiko besar berlebihan, yaitu vitamin D, kalsium, dan asam folat, karena biasanya orang mengonsumsi suplemen ini.

Baca juga: 14 Makanan Tinggi Asam Folat

"Orang dewasa yang secara teratur melebihi batas atas aman vitamin D harian sebesar 4.000 IU mungkin akan mengalami masalah jantung," katanya.

Sedangkan kelebihan asam folat bisa membuat gejala tubuh kekurangan vitamin B12 kurang terlihat. Kekurangan vitamin B12 dalam jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan saraf.

Untuk menghindari kelebihan vitamin dan mineral, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi berbagai jenis makanan, termasuk buah dan sayuran, karena tinggi kandungan nutrisinya.

Selain itu, sangat penting untuk berkonsultasi kepada dokter sebelum mengonsumsi suplemen megadosis. Apalagi beberapa jenis vitamin dan mineral dapat berinteraksi dengan obat-obatan yang dikonsumsi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com