Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Pentingnya Manfaat Asam Folat untuk Cegah Stunting

Kompas.com - 09/12/2023, 16:01 WIB
Agustin Tri Wardani,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemenuhan zat gizi asam folat penting untuk ibu hamil maupun janin di dalam kandungan. Salah satunya, manfaat asam folat cegah stunting.

Dilansir dari WebMD, folat dikenal juga sebagai vitamin B9. Sedangkan, asam folat adalah bentuk vitamin B yang digunakan dalam suplemen atau ditambahkan ke makanan.

Asam folat yang ditambahkan dalam makanan dan suplemen akan diserap dengan baik oleh tubuh. Hal ini karena tubuh tidak dapat membuat folat secara mandiri.

Baca juga: 11 Fungsi Asam Folat dan Dosis yang Diperlukan Ibu Hamil

Nah, untuk mencegah stunting dan beragam masalah kesehatan lainnya, ibu hamil perlu mencukupi kebutuhan beragam zat gizi sepanjang mengandung buah hatinya. 

Dikutip dari laman Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, zat gizi ini di antaranya protein, zinc, yodium, zat besi, vitamin A, vitamin D, vitamin B12, serta asam folat.

Pemenuhan gizi tersebut dilakukan sejak 1.000 hari pertama kehidupan buah hati, termasuk sejak bayi masih berada di kandungan, atau sejak awal kehamilan. 

Agar lebih jelas, simak penjelasan manfaat asam folat untuk cegah stunting sejak dalam kandungan lewat artikel berikut ini. 

Baca juga: Mengapa Asam Folat Penting untuk Ibu Hamil? Begini Kata Dokter

Manfaat asam folat cegah stunting

Untuk diketahui, stunting adalah masalah pertumbuhan anak yang disebabkan malnutrisi atau kekurangan gizi kronis atau berkepanjangan. 

Kondisi stunting tersebut akan berdampak negatif pada anak, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Anak yang stunting akan mengalami keterlambatan perkembangan otak, sistem kekebalan tubuh terganggu, dan meningkatkan risiko terkena penyakit metabolik di masa dewasa (diabetes, obesitas, dan tekanan darah tinggi).

Maka dari itu, penting untuk melakukan pencegahan stunting dengan cara melakukan pemenuhan nutrisi baik selama masa kehamilan, maksa kanak-kanak, hingga usia dua tahun.

Pemenuhan nutrisi harus dilakukan secara seimbang mencakup protein, dan zat gizi mikro lainnya seperti zinc, yodium, zat besi, vitamin A, vitamin D, vitamin B12, serta asam folat.

Baca juga: 17 Ciri-ciri Ibu Hamil Kekurangan Asam Folat

Sebagai informasi, manfaat asam folat cegah stunting yaitu dapat membantu memaksimalkan pembentukan DNA, membantu perkembangan otak, serta saraf janin dalam kandungan.

Dengan mendapatkan cukup asam folat selama kehamilan, ibu hamil dapat mengurangi kemungkinan bayi lahir dengan kondisi spina bifida atau anencephaly.

Anencephaly adalah cacat lahir serius di mana bagian otak dan tengkorak bayi tidak terbentuk dengan sempurna. Kondisi ini meningkatkan risiko kematian dini pada bayi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com