Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Cara Menjaga Kesehatan Mental di Tempat Kerja

Kompas.com - 25/04/2024, 10:30 WIB
Fadila Rosyada Hariri,
Khairina

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kesehatan mental di tempat kerja menjadi semakin penting dalam kesadaran akan pentingnya kesejahteraan karyawan secara keseluruhan.

Lingkungan kerja yang mendukung tidak hanya mempromosikan produktivitas yang lebih baik tetapi juga memberikan perlindungan terhadap stres dan masalah kesehatan mental.

Dengan tingkat stres dan tekanan yang mungkin timbul di lingkungan kerja, penting untuk memiliki strategi yang efektif untuk menjaga kesehatan mental Anda.

Dengan mempraktikkan langkah-langkah ini, diharapkan kita semua dapat menciptakan lingkungan kerja yang lebih sehat dan berkelanjutan secara mental.

Cara menjaga kesehatan mental di tempat kerja

Melansir Mental Health Foundation, berikut adalah 10 cara untuk menjaga kesehatan mental di tempat kerja:

  • Berbicara tentang perasaan Anda

Mengobrol tentang perasaan Anda dapat membantu menjaga kesehatan mental dan mengatasi kesulitan emosional. Ini bukan tanda kelemahan, melainkan bagian dari mengelola kesejahteraan Anda. Temui seseorang yang dapat Anda percayai dan yang akan memberikan dukungan.

Baca juga: 6 Manfaat Nostalgia Bagi Kesehatan Mental, Bisa Bantu Lawan Kesepian

  • Tetap aktif

Olahraga teratur dapat meningkatkan harga diri, konsentrasi, dan tidur, serta membuat Anda merasa lebih baik secara keseluruhan. Lakukan aktivitas fisik yang Anda nikmati selama minimal 30 menit, lima hari seminggu.

  • Makan dengan baik

Pola makan yang sehat baik untuk kesehatan fisik dan mental. Rencanakan waktu makan di tempat kerja dengan makanan sehat dan hindari konsumsi kafein dan gula berlebihan.

  • Minum dengan bijak

Konsumsi alkohol untuk merubah suasana hati hanya memberikan efek sementara. Hindari minum berlebihan, terutama saat ada fungsi kerja yang melibatkan minuman beralkohol.

  • Menjaga hubungan baik dengan rekan kerja

Hubungan baik dengan rekan kerja sangat penting untuk kesehatan mental di tempat kerja. Temui orang-orang yang bisa Anda andalkan, baik untuk berbicara atau mendapat dukungan.

Baca juga: Apakah Kesepian Merupakan Masalah Kesehatan Mental?

  • Tidak ragu untuk meminta bantuan

Jangan ragu untuk mencari bantuan jika merasa terlalu lelah atau tertekan. Ada layanan bantuan karyawan yang bisa diakses, serta dukungan dari dokter umum ataupun konselor.

  • Istirahat yang cukup

Jeda sebentar dari pekerjaan atau menghabiskan waktu untuk melakukan sesuatu yang Anda sukai bisa membantu mengurangi stres. Jangan lupakan pentingnya tidur yang cukup.

Pastikan Anda mengambil cuti yang sudah dijadwalkan dan manfaatkan waktu luang untuk diri sendiri.

  • Lakukan sesuatu yang dikuasai

Temukan kegiatan yang membuat Anda merasa berharga dan bangga. Melakukan aktivitas yang Anda gemari dapat meningkatkan harga diri dan mengurangi stres di tempat kerja.

  • Terimalah diri Anda

Setiap orang memiliki keunikan masing-masing. Terimalah keunikan dan kelemahan Anda sebagai bagian dari proses tumbuh dan belajar.

Fokus pada apa yang bisa Anda lakukan dengan baik dan bergeraklah menuju perubahan yang diinginkan secara bertahap.

  • Memberi dukungan kepada rekan kerja

Peduli terhadap orang lain tidak hanya memberikan rasa dihargai, tetapi juga membantu mengalihkan fokus dari masalah pribadi. Dengan memberikan dukungan kepada orang lain, Anda juga dapat memperoleh kepuasan batin dan perspektif baru tentang kehidupan.

Baca juga: Ahli Jelaskan Cara Menjaga Kesehatan Mental Agar Depresi Tidak Kambuh

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com