Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjadi Vegetarian Tanpa Kekurangan Gizi

Kompas.com - 22/06/2010, 21:24 WIB

KOMPAS.com - Memilih menjadi vegetarian murni atau vegan perlu dibarengi usaha lebih giat memenuhi asupan gizi. Bagaimanapun juga, tubuh membutuhkan komposisi nutrisi seimbang, yaitu karbohidrat (50-60 persen), protein (15-20 persen), lemak (30 persen), serta vitamin.

Karena hanya mengonsumsi biji-bijian, kacang-kacangan, sayur-sayuran, dan buah-buahan, penganut vegan sama sekali tidak mengonsumsi produk hewani maupun turunannya, termasuk gelatin, keju, dan yogurt. Mereka juga menghindari madu, royal-jeli, dan produk turunan serangga. Bahkan sebagian penganut vegan menghindari penggunaan produk hewani seperti kulit hewan ataupun kosmetik yang mengandung produk hewani.

Pakar gizi klinis Dr Fiastuti Witjaksono, MS, SpGK, mengatakan, vegan perlu lebih banyak menambah variasi protein setiap harinya. Karena orang yang menjalani vegan hanya memenuhi kebutuhan protein dari sumber nabati saja, seperti tahu, tempe, kedele, dan kacang-kacangan.

"Bagi vegan, konsumsi jenis protein nabati harus lebih banyak variasinya setiap porsi per harinya. Jika tidak, maka asupan tidak lengkap dan kebutuhan tubuh tidak terpenuhi," jelas Dr Fiastuti kepada Kompas Female beberapa waktu lalu.

Asupan gizi vegan pun bisa seimbang, dengan menambah variasi protein setiap harinya. Sedangkan lemak bisa didapatkan dari kacang almond yang mengandung asam lemak tak jenuh ganda. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com