Jumat, 24 Oktober 2014 22:27
Caring by Sharing | Kompas.com

Nasi Kuning Pasir Koja, Lezat dan Empuk!

Kamis, 5 Mei 2011 | 09:16 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:
YUDI/WWW.DOYANMAKAN.COM
Nasi Kuning Pak Endi di Bandung.

KOMPAS.com — Yeah... kuliner di Bandung lagi. Saya sangat semangat sekali untuk jalan-jalan dan wisata kuliner di Bandung. Kali ini saya diajak ke daerah Pasir Koja untuk mencoba nasi kuning favorit saudara saya. Nasi Kuning Pak Endi namanya. Lokasinya berada di Jalan Pasir Koja Nomor 114 (depan Toko Mas SAE), seberang toko mebel Hade.

Pak Endi, pemiliknya, sudah berjualan sejak tahun 1970-an, tetapi sekarang sudah diteruskan oleh anaknya. Beliau hanya berjualan di malam hari, dari jam delapan malam sampai jam satu dini hari.

Awalnya saya berpikir ini hanya nasi kuning biasa. Tetapi begitu saya melihat lauk-lauknya... wow saya jadi berubah pikiran. Semuanya nampak menggiurkan. Apalagi lauk tahu kuahnya.

Nasi kuning adalah makanan yang sudah umum di Pulau Jawa. Kita bisa menemukan menu nasi kuning di mana-mana. Biasanya orang menjualnya untuk menu sarapan atau bisa juga dibuat mewah, seperti nasi tumpeng untuk event syukuran. Lauknya pun bisa disesuaikan, bisa menggunakan apa saja, seperti ayam goreng, serundeng, tahu, ikan asin, perkedel, telur pindang, sambal goreng ati, telur dadar iris, daging dendeng, dan masih banyak lagi.

Tapi di Nasi Kuning Pak Endi ini menunya cukup sederhana. Hanya ada telur rebus, abon, semur daging sapi, oncom, dan tahu kuah, plus kerupuk aci warna-warni. Sewaktu kami sampai di situ, tempat duduk yang di depan meja lauknya sudah penuh terisi. Jadi kami menempati meja di sebelahnya yang masih kosong.

Nasi kuning yang disajikan tampak lezat euy. Saya coba dulu nasi kuningnya ya. Empuk dan pulen banget nasi kuningnya, diberi bawang merah goreng di atasnya, jadi terasa lebih gurih. Semur dagingnya... Yummy, bumbunya terasa sedikit pedas dan agak manis, meresap sampai ke dalam-dalamnya. Dagingnya juga lumayan empuk lho. Nah ini dia tahunya yang dari tadi dipuji-puji terus oleh saudara saya. Begitu saya potong tahunya, keluar kuahnya sedikit... nyam nyam, enak banget. Lembut di dalamnya dan tercampur kuah yang gurih manis. Enak banget deh tahunya.

Yang unik di Nasi Kuning Pak Endi adalah menggunakan oncom. Biasanya kan menggunakan oreg tempe, tapi di sini menggunakan oncom yang diongseng. Buat yang suka oncom pasti suka dengan yang satu ini. Kalau telur rebusnya sih ya biasalah ya, sama seperti telur yang lainnya he-he....

Ini layak untuk Anda coba, Nasi Kuning Pak Endi di Pasir Koja, Bandung. Harganya juga murah lho, seporsi hanya Rp 15.000. Memang tidak salah rekomendasi dari Danu, saudara saya. Thanks ya bro. Selamat mencoba teman-teman. O iya jangan lupa lauk tahu kuahnya ya. (Ita)


Sumber :
Editor :
I Made Asdhiana

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui