Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Makanan Musuh Lemak Jahat

Kompas.com - 26/08/2011, 11:42 WIB

KOMPAS.com - Sinergi antara diet seimbang dan olahraga rutin terbukti efektif membantu menurunkan berat badan. Untuk menjalan diet seimbang, penting artinya untuk memilih makanan yang sehat, untuk menjaga berat badan tetap ideal.

Untuk langsing, Anda sebenarnya tak perlu memaksakan diri mati-matian berdiet ketat atau tidak makan. Lewat konsumsi makanan tertentu, Anda justru bisa memerangi kadar lemak di dalam tubuh. Berikut ini adalah makanan yang mungkin tidak pernah Anda sadari mempunyai kemampuan untuk berperang melawan lemak :

1. Kacang Almond

Menurut studi yang dipublikasikan dalam International Journal of Obesity, orang yang mengonsumsi 85 gram (sekitar 3 ons) kacang almond setiap hari dapat mengurangi berat badan dan indeks massa tubuh (BMI) sebesar 18 persen dibandingkan dengan mereka yang tidak konsumsi kacang almond.

Almond memiliki kandungan asam alfa-linolenat (ALA) yang tinggi dan dapat mempercepat metabolisme lemak. Selain itu, almond juga kaya akan kandungan serat, protein dan lemak baik, yang berdampak pada pemenuhan selera, sehingga Anda cenderung tidak memiliki hasrat untuk makan berlebihan.

2. Jeruk

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan Arizona State University, mereka yang jumlah asupan vitamin C-nya cukup dengan mengonsumsi buah-buahan segar seperti jeruk dan stroberi, dapat mengoksidasi lemak lebih dari 30 persen. Para peneliti menemukan, vitamin C dalam aliran darah berfungsi untuk membentuk karnitin (zat yang membantu sel-sel kita membakar lemak).

3. Telur saat sarapan

Sebutir telur mengemas berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan termasuk protein, besi, seng, vitamin A, D, E, dan B12. Makan telur saat sarapan akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga dapat mengurangi nafsu makan Anda pada jam berikutnya.

4. Ikan 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com