Senin, 27 April 2015

Health

KONSULTASI SEKS Prof Dr dr Wimpie Pangkahila, SpAnd, FAACS
Guru Besar pada Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Kini dia menjabat sebagai Kepala Bagian Andrologi dan Seksologi, Ketua Pusat Studi Anti-Aging Medicine, dan Ketua Program Magister dengan kekhususan Anti-Aging Medicine dan kekhususan Ilmu Kedokteran Reproduksi. Prof Wimpie juga menjabat Ketua Umum Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI), Wakil Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Andrologi Indonesia (Persandi), dan Wakil Ketua Perhimpunan Kedokteran Anti Penuaan Indonesia (Perkapi)

Tak Mampu Ereksi, Kenapa?

Senin, 6 Agustus 2012 | 21:10 WIB

TANYA :

Dok,saya mau tanya. Kenapa akhir-akhir  ini jika saya hendak berhubungan seks dengan istri, tidak ada rangsangan sama sekali. Penis tidak bisa berereksi sama sekali. Padahal saya sebelum melakukan hubungan seks terlebih dulu melakukan pemanasan sambil menonton film biru, tetapi rangsangan tak ada.  Sebelumnya, jika menonton film-film biru atau menghayal tentang seks saja, penis saya bisa ereksi cepat, terkadang sampai melakukan masturbasi.

Namun sekarang, sepertinya tak mampu bila berhadapan dengan pasangan saya.  Anehnya apabila setiap pagi sebelum bangun tidur, penis berereksi . Apa yang menyebabkan semua itu dok? 

(Sandy, 38, Cirebon)


JAWAB :

Saya perlu menjelaskan dulu mengenai tidak terjadinya ereksi ketika akan melakukan hubungan seksual. Ereksi mungkin tidak terjadi walaupun keinginan atau gairah seksual ada atau tetap normal. Pria yang mengalami gangguan ini berarti mengalami disfungsi ereksi.

Tetapi ereksi juga tidak terjadi karena gairah seksual hilang. Pria yang mengalami masalah ini berarti mengalami hambatan dorongan atau gairah seksual.

Kedua jenis gangguan ini berbeda, baik penyebab maupun pengobatannya. Disfungsi ereksi dapat disebabkan oleh banyak faktor, misalnya penyakit tertentu dan hambatan psikis. Hilangnya gairah seksual dapat disebabkan antara lain karena hormon testosteron tidak berfungsi dengan baik, atau karena hambatan psikis juga. 

Saya tidak tahu yang mana yang Anda alami, karena tidak saya baca pada surat Anda. Jadi perlu dijelaskan, apakah ketidakmampuan Anda ketika akan melakukan hubungan seksual dengan istri, itu karena gairah seksual tidak ada ataukah ada gairah seksual tetapi ereksi terganggu. Saya sarankan Anda berkonsultasi lebih lanjut dan mendapat pemeriksaan.     

 

Editor : Asep Candra

FORM KONSULTASI

Tahun
Cm
Kg
Incorrect please try again
ReLoad

Hanya pertanyaan-pertanyaan terpilih yang akan dimuat