BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oralinu

Liburan Usai, Pegal Linu Datang? Atasi dengan 5 Cara Ini

Kompas.com - 30/04/2024, 16:52 WIB
Erlangga Satya Darmawan,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Libur Lebaran telah usai. Momen indah bersama keluarga dan kerabat di kampung halaman mungkin masih membekas di ingatan.

Meski meninggalkan memori menyenangkan, aktivitas mudik Lebaran bukan tanpa cela. Seperti diketahui, mudik identik dengan perjalanan jauh yang melelahkan.

Selepas perjalanan jauh, tubuh biasanya terasa nyeri dan pegal linu. Kondisi ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti posisi duduk yang terlalu lama di kendaraan, durasi panjang di perjalanan balik, dan dehidrasi.

Umumnya, rasa pegal yang dialami usai perjalanan jauh akan hilang seiring waktu. Namun, hal tersebut jelas akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari bila tidak segera diatasi. Apalagi, jika Anda harus segera bekerja selepas libur Lebaran.

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi atau bahkan mengatasi rasa pegal selepas libur Lebaran. Apa saja yang bisa Anda lakukan? Berikut adalah ulasannya.

1. Berikan pijatan

Ketika pegal atau nyeri otot pada salah satu bagian tubuh, salah satu cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan melakukan pijatan relaksasi.

Pasalnya, pijatan dapat merangsang sirkulasi darah dan getah bening yang dapat membawa oksigen ke area yang kekurangan darah.

Adapun darah yang mengandung oksigen dapat membantu membersihkan racun di otot yang menjadi penyebab rasa sakit.

2. Kompres air hangat

Jika Anda mengalami nyeri otot, badan kaku, pegal linu, atau masalah serupa, mengompres bagian tubuh yang bermasalah dengan handuk hangat adalah solusi yang tepat.

Mengutip laman Banner Health, Pelatih Kebugaran di Banner Sports Medicine High Performance Center Blake Baxter mengatakan saat dikompres, suhu panas akan membuat pembuluh darah membesar dan memperlancar aliran darah sehingga membuat otot atau tubuh yang terasa kaku menjadi lebih santai.

“Kompres hangat akan membantu melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh sehingga otot dan sendi yang tadinya kaku bisa lebih rileks. Anda dapat memanfaatkan handuk yang sudah direndam air hangat atau botol minum yang diisi air hangat dan meletakkan kompres pada bagian tubuh yang terasa pegal,” ujar Blake.

3. Lakukan peregangan

Menurut laman medicalnewstoday.com, peregangan juga jadi salah satu cara yang baik untuk mengatasi badan pegal linu ataupun nyeri otot.

Pasalnya, peregangan dapat meningkatkan sirkulasi darah ke otot sehingga membantu mempercepat pemulihan dan regenerasi otot yang rusak.

Tak hanya itu, peregangan secara teratur juga dapat membantu mengurangi ketegangan karena dapat merangsang otot-otot untuk lebih relaks.

Saat otot-otot pada tubuh lebih relaks, nyeri yang disebabkan oleh ketegangan otot dapat berkurang atau bahkan hilang sama sekali.

Bila merasa pegal pada bagian kepala, peregangan yang bisa Anda lakukan adalah dengan menundukkan atau mendongakkan kepala.

Sementara untuk tangan, kaki, dan pinggul, Anda bisa melakukan peregangan dengan cara menekuk bagian tubuh yang terasa kaku ataupun memutarnya secara perlahan.

4. Istirahat

Istirahat yang cukup setelah perjalanan atau aktivitas berat adalah kunci untuk memulihkan pegal linu dan otot yang kaku.

Dengan tidur yang cukup, tubuh bisa mendapatkan kesempatan untuk memulihkan diri, termasuk memulihkan otot yang mengalami ketegangan akibat aktivitas fisik.

Selain itu, istirahat juga membantu mengurangi peradangan pada otot dan meningkatkan sirkulasi darah, mempercepat proses pemulihan, dan meredakan pegal linu.

5. Konsumsi obat pereda nyeri

Selain melakukan semua cara sebelumnya, mengonsumsi obat pereda pegal linu dan nyeri otot juga jadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi badan pegal.

Anda dapat meminum obat pegal linu dengan kandungan ibuprofen dan parasetamol, atau bahan herbal yang dapat membantu meredakan rasa sakit.

Jika memilih untuk mengonsumsi obat herbal, pilihlah produk yang memiliki kandungan jahe dan kunyit yang punya sifat anti-inflamasi sehingga dapat membantu untuk mengurangi keluhan pegal linu serta nyeri otot. Anda dapat membelinya di apotek ataupun gerai kesehatan terdekat di sekitar Anda.

Salah satu obat herbal terbaik untuk meredakan pegal linu dan nyeri otot yang ada di pasaran saat ini adalah rheumacyl Oralinu.

Obat herbal itu dapat membantu Anda untuk meredakan nyeri sendi, pegal linu, nyeri akibat encok, dan sakit otot pinggang.

Selain itu, rheumacyl Oralinu juga tersedia dalam bentuk cair yang dikemas dalam saset sehingga praktis untuk dikonsumsi di mana dan kapan saja.

Soal kandungan, rheumacyl Oralinu terbuat dari bahan alami yang dapat meredakan pegal linu, seperti jahe dan kunyit.

Tak hanya itu, rheumacyl Oralinu juga mengandung madu yang kaya akan antioksidan, vitamin C, dan kalsium yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh dan kesehatan tulang.

Ada pula ginseng yang mengandung senyawa ginsenosida. Senyawa ini berfungsi untuk mengurangi peradangan sebagai salah satu penyebab pegal linu dan nyeri otot.

Ginseng juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga sangat baik untuk dikonsumsi.

Selain beberapa kandungan bahan alami di atas, terdapat juga kandungan ekstrak daun mint dan daun lempuyang sebagai bahan herbal yang sangat baik dikonsumsi sebagai obat untuk meredakan pegal linu.

Untuk konsumsinya sendiri, rheumacyl Oralinu dapat diminum 1-2 saset per hari sebelum tidur atau setelah melakukan berbagai aktivitas. Anda bisa meminumnya secara langsung atau mencampurnya dengan 50 ml air hangat dan teh hangat.

Konsumsi rheumacyl Oralinu secara rutin agar pegal linu dapat teratasi dan Anda selalu siap untuk menyambut hari esok.

Tunggu apa lagi? Segera konsumsi rheumacyl Oralinu agar #LinaLinuLiwat setelah perjalanan jauh dan aktivitas beratmu.

Untuk informasi lengkap terkait rheumacyl Oralinu, silakan kunjungi tautan berikut.

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com