Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/03/2015, 10:00 WIB
Kontributor Health, Diana Yunita Sari

Penulis

Sumber Reuters

KOMPAS.com - Kehadiran internet membawa banyak kemudahan. Salah satu yang sering dimanfaatkan adalah streaming film tak berbayar. Selain film, sebenarnya Anda bisa memanfaatkan streaming latihan yang ada. Biaya yang dikeluarkan lebih murah, bahkan bisa gratis. 

Melakukan olah raga dengan streaming melalui internet sangat berguna terutama bagi mereka yang memiliki dana terbatas, susah mencari waktu untuk berolah raga, atau pun tidak menemukan pusat kebugaran yang berlokasi di dekat rumah maupun kantor. Dengan streaming, sebenarnya tidak ada alasan lagi untuk mangkir dari olah raga. 
 
Dirty Yoga merupakan satu situs streaming yang menekankan betapa olah raga dapat dengan mudah untuk diakses. “Ini merupakan yoga online yang ditujukan kepada Anda dan dapat dilakukan dimana saja. Idenya adalah untuk menghilangkan hambatan sebanyak mungkin dan membuatnya menjadi nyaman,” ujar Jess Gronholm, pengajar yoga dan pembuat situs tersebut yang diluncurkan lebih dari dua tahun lalu. 
 
Situs tersebut dibuat mengingat tidak setiap orang memiliki waktu atau uang untuk bisa menjadi anggota pusat kebugaran maupun berolah raga secara rutin. Karenanya, latihan secara online menjadi cara yang lebih fleksibel yang tidak bisa diberikan oleh pusat kebugaran tradisional. 
 
Selain yoga, instruktur kebugaran berbasis di Miami, Jessica Smith, meluncurkan beragam latihan dari kardio hingga kettlebells melalui JessicaSmithTV melalui YouTube maupun unduh digital berbayar. 
 
Di satu sisi streaming latihan bisa memberikan kemudahan. Namun tidak menutup kemungkinan atas sejumlah gangguan. “Streaming, dikatakan Jessica, menghadapi tantangan yang serupa seperti halnya DVD kebugaran. Mereka berhadapan dengan gangguan yang ada, contohnya saja pekerjaan rumah.” 

Masalah lain yang mungkin dihadapi adalah kecepatan internet yang belum merata di sejumlah wilayah. Meski demikian, Gronholm meyakini, masa depan dari streaming ini masih cukup luas untuk mengakomodir latihan olah raga. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com