Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/07/2015, 11:19 WIB

KOMPAS.com - Buah pisang sangat populer di kalangan para atlet. Buah yang mengandung nutrisi tinggi ini adalah pilihan snack sehat. Kelebihan lainnya adalah bisa menjadi sumber energi sebaik sport drink.

Karena kandungan gizinya itu, sekaligus rasanya enak, para ahli gizi dan pelatih sering merekomendasikan pisang untuk para atlet. Namun, tak semua orang suka pisang. Entah karena teksturnya, rasanya, atau efeknya di perut.

Untungnya, orang yang tidak suka pisang bisa menggantinya dengan buah lain yang memiliki manfaat sama. Salah satu buah yang disarankan adalah kiwi.

Seperti pisang, kiwi juga bisa dikonsumsi langsung atau dipasangkan dengan makanan lain dan dibuat berbagai variasi makanan. Kiwi sangat cocok ditambahkan dalam sereal, oatmeal, yogurt, salad, smoothie, dan juga dessert.

Selain itu, kiwi juga memiliki nutrisi yang sangat mirip dengan pisang. MIsalnya saja, dalam satu buah pisang ukuran sedang dan satu sajian kiwi, terkandung jumlah kalori, potasium, karbohidrat, serat, vitamin C, vitamin B dan magnesium yang beda tipis.

Salah satu yang agar berbeda adalah kandungan vitamin C. Buah kiwi memiliki kandungan vitamin C 13 kali lebih tinggi dibanding pisang ukuran sedang. Jika selama ini pisang identik dengan potasium, sebenarnya kiwi juga kandungannya hampir setara, bahkan sedikit lebih tinggi.

Bila dibandingkan kandungan karbohidratnya, kiwi, seperti halnya pisang, adalah pilihan gampang untuk meningkatkan kadar energi dengan cepat.

Selain kiwi, buah lain yang kandungan nutrisinya hampir sama dengan pisang adalah mangga dan semangka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com