Kamis, 21 September 2017

Health

Sudah Tepatkah Cara Anda Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh?

Shutterstock Ilustrasi

KOMPAS.com — Memenuhi kebutuhan cairan tubuh sepertinya sangat sederhana bukan? Hanya minum air. Hal itu memang tidak salah, tetapi sebenarnya ada beberapa kekeliruan yang sering tidak kita sadari saat menghidrasi tubuh.

1. Minum air saat olahraga, bukan sebelumnya
Walau Anda secara rutin minum air saat sedang berolahraga, risiko sakit kepala tetap ada jika sebelumnya Anda kurang minum. Kita disarankan untuk minum setidaknya 250 ml air sekitar 30 menit atau satu jam sebelum olahraga.

2. Minum delapan gelas air sehari
Sebenarnya, kebutuhan air seseorang sangat bergantung pada berat badan dan juga aktivitas. Selain itu, kita juga bisa mendapatkan cairan dari makanan seperti sayur dan buah. Apel, misalnya, jika kita makan sebuah apel, itu setara dengan secangkir air.

3. Menghindari kopi dan teh agar tak dehidrasi
Minuman berkafein seperti kopi dan teh memang bersifat diuretik atau menarik cairan keluar tubuh. Namun, jika Anda sering lupa minum air putih, teh dan kopi tetap lebih baik daripada tidak ada asupan.

4. Jarang minum
Jangan hanya minum air saat merasa haus, kepanasan, atau berolahraga. Saat kita duduk di ruangan yang dingin dan sering tidak terasa haus pun kita tetap memerlukan air.

5. Minum sebelum atau setelah makan
Tak ada yang salah dengan minum segelas air sebelum makan untuk membuat terasa lebih kenyang, tetapi sebenarnya akan lebih baik jika kita minum sedikit-sedikit di sela waktu makan.

Editor : Lusia Kus Anna
Sumber: Prevention.com,