Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Lama Pria Butuh Istirahat Sebelum "Ronde Kedua"?

Kompas.com - 14/04/2016, 21:45 WIB

Tim Redaksi

Sumber Menshealth

KOMPAS.com — Ingin coba maraton bercinta? Perhatikan kekuatan tubuh Anda lebih dulu, sebelum mengecewakan diri sendiri dan pasangan.

Menurut artikel terbaru dalam Journal of Sexual Medicine, tubuh, terutama Mr P, butuh istirahat setelah sesi bercinta yang hangat. Meski tak ada data akurat mengenai berapa lama jeda yang dibutuhkan, para ahli memperkirakan, waktu tersebut mulai dari 30 menit sampai 24 jam.

Waktu istirahat itu cenderung makin lama seiring banyaknya sesi bercinta. Misalnya, waktu istirahat seusai sesi pertama 30 menit, maka waktu istirahat setelah sesi kedua akan lebih lama dari 30 menit. Biasanya, makin tua, makin lama waktu istirahatnya.

Jadi, berapa lama waktu "isi ulang" seorang pria pada umumnya? Abraham Morgentaler, ahli urologi dari Harvard Medical School, memberikan gambaran.

"Remaja pria bisa 'mengisi ulang' hanya dalam beberapa menit. Pria usia 30 tahunan biasanya butuh setidaknya 30 menit. Sementara itu, bagi pria berusia 50 tahun ke atas, satu orgasme dalam sehari bisa dibilang sebuah prestasi," papar Morgentaler.

Hal tersebut diamini oleh Richard K Lee, ahli urologi dari Weill Cornell Medicine. Menurut Lee, pria tak seperti wanita. Kebanyakan pria dewasa butuh waktu sekitar satu jam agar bisa ereksi dengan optimal untuk memulai sesi bercinta selanjutnya.

Para ahli tak yakin mengapa pria butuh waktu untuk 'isi ulang'. Mereka menduga, ini ada kaitannya dengan hormon prolaktin. Beberapa hasil penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa kadar testosteron yang rendah dan usia adalah biang keladinya.

Gaya hidup seorang pria pun turut berpengaruh. Kebiasaan menenggak alkohol atau sering masturbasi diduga memperlama waktu 'isi ulang' tersebut.

"Jadi, jangan terinspirasi oleh film porno, yang menunjukkan pria bisa bercinta tiga sampai empat kali dalam waktu beberapa jam. Itu tak logis," imbuh Lee.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com