Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diet dengan Manfaat Lebih Selain Pelangsingan

Kompas.com - 21/11/2016, 12:04 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

Sumber POP SUGAR

KOMPAS.com - Diet Mediterania sudah dikenal luas bermanfaat untuk kesehatan. Baru-baru ini diet ini dikonfirmasi sebagai diet terbaik untuk menurunkan berat badan.

Berdasarkan lima studi Harvard Medical, diet Mediterania ini merupakan yang paling efektif menurunkan berat badan dibandingkan diet rendah lemak, diet rendah karbohidrat dan diet American Diabetes Association (ADA).

Kaya akan buah, sayur, biji-bijian, minyak zaitun, kacang-kacangan, sedikit daging, susu dan telur, pola makan ini juga bagus untuk kesehatan jantung, mata serta fungsi otak.

Sebanyak 998 peserta penelitian yang kelebihan berat badan yang menerapkan diet Mediterania selama setahun berhasil menurunkan berata badan antara 4 hingga 10 kg. Baik diet rendah karbohidrat maupun diet ADA pun memberikan hasil penurunan berat badan sementara diet rendah lemak berhasil menurunkan antara 3 hingga 5 kg.

Selain ampuh untuk penurunan berat badan, bisa disimpulkan diet Mediterania merupakan pilihan paling bagus karena juga punya manfaat untuk kesehatan jantung.

Dalam menjalankan diet ini, setiap hari kita perlu memperbanyak asupan sayur, buah, biji-bijian dan kacang-kacangan dalam jumlah banyak, melebihi asupan daging atau protein nabati lainnya. Sementara itu, makanan mengandung pemanis dibatasi konsumsinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com