Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Jenis Camilan yang Direkomendasikan untuk Diabetes

Kompas.com - 06/12/2020, 12:00 WIB
Ariska Puspita Anggraini

Penulis

KOMPAS.com - Mengontrol kadar gula darah adalah kunci penting agar penderita diabetes tidak mengalami komplikasi.

Tentunya, hal ini diperlukan pola makan yang tepat. Sembarangan memilih makanan bisa saja berujung pada melonjaknya kadar gula darah, yang bisa berimbas pada kambuhnya gejala.

Itu sebabnya, penderita diabetes juga harus berhati-hati memilih camilan yang dikonsumsinya.

Baca juga: 5 Mitos Keliru Seputar Covid-19

Pentingnya camilan sehat bagi penderita diabetes

Menurut American Diabetes Association, menghitus asupan karbohidrat merupakan langkah penting untuk mengelola gejala diabetes. Pasalnya, asupan karbohidrat juga turut menentukan kadar gula darah.

Karbohidrat bisa diolah menjadi glukosa dengan cepat oleh tubuh. Setelahitu, glukosa akan diserap oleh sel untuk sumber energi.

Sayangnya, sel-sel pada penderita diabetes tidak mampu menyerap glukosa secara efisien sehingga glukosa tetap ada di aliran darah. Inilah yang menyebabkan kadar gula darah tinggi.

Untuk menyeimbangkan gula darah, penderita diabetes perlu menyeimbangkan asupan karbohidrat dengan nutrisi lain, seperti protein, serat, dan lemak sehat, yang tidak terlalu berdampak besar pada gula darah.

Saat memilih camilan, penderita diabetes sebaiknya memilih makanan ang mengandung lebih sedikit karbohidrat namun kaya akan protein, serat, dan lemak sehat.

Berikut camilan sehat yang direkomendasikan untuk penderita diabetes:

1. Camilan berprotein tinggi

Camilan berprotein tinggi tidak menyebabkan kenaikan kadar gula darah. Jadi, tubuh tidak memerlukan banyak insulin untuk mencernanya.

Tubuh menggunakan protein untuk membangun dan memperbaiki jaringan, bukan diolah menjadi glukosa, yang akan menyebabkan lonjakan gula darah.

Riset dalam Diabetes Medicine Journal tahun 2016 membuktikan konsumsi camilan yang mengandung 12,5 gram dan 50 gram dalam sekali makan tidak menyebabkan lonjakan gula darah pada penderita diabetes tipe 1 yang menerima terapi insulin intensif.

Jadi, sebagai camilan penderita diabetes bisa memilih konsumsi telur, almond, daging ayam, atau protein shake.

2. Camilan berserat tinggi

Makanan tinggi serat dicerna lebih lambat oleh tubuh sehingga membantu menunda penyerapan glukosa ke aliran darah.

Riset dalam Experimental and Therapeutic Medicine Journal 2016 membuktikan konsumsi makanan tinggi serat secara teratur membantu mengontrol kadar glukosa dan tingkat resistensi insulin penderita diabetes tipe 2.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com