Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Makanan untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Kompas.com - 30/06/2023, 15:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Kolesterol tinggi bisa menyebabkan berbagai jenis penyakit berbahaya, termasuk serangan jantung dan stroke.

Makanan yang dikonsumsi berperan penting untuk membantu menurunkan kolesterol sehingga tidak menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius.

Ada beberapa jenis makanan yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol tinggi, seperti alpukat, kacang-kacangan, buah-buahan, dan ikan yang kaya akan omega-3.

Untuk lebih jelasnya, simak beberapa makanan untuk menurunkan kolesterol tinggi berikut ini.

Baca juga: Mengenal Manfaat Bawang Bombai untuk Menurunkan Kolesterol

Makanan untuk menurunkan kolesterol tinggi

Disarikan dari WebMD dan Mayo Clinic, berikut adalah beberapa makanan untuk menurunkan kolesterol tinggi yang bisa dikonsumsi.

  • Gandum utuh dan makanan dengan serat larut

Gandum utuh, seperti oat, bisa menurunkan kadar low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat di dalam tubuh.

Selain gandum utuh, makanan yang mengandung serat larut tinggi, seperti kubis Brussel dan kacang merah, juga disarankan untuk dikonsumsi karena bisa mengurangi penyerapan kolesterol pada pembuluh darah.

  • Buah dan sayur

Buah dan sayur merupakan jenis makanan yang tidak mengandung kolesterol dan memiliki banyak kandungan nutrisi yang akan menyehatkan tubuh.

Beberapa jenis buah dan sayur yang disarankan untuk dikonsumsi, seperti anggur, pir, apel, brokoli, kubis, seledri, bayam, dan kale.

Konsumsi buah alpukat juga disarankan karena mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang bisa meningkatkan kolesterol baik dan mencegah penyakit jantung.

Baca juga: Kenali Khasiat Alpukat untuk Menurunkan Kolesterol

  • Daging rendah lemak

Lean meat atau daging rendah lemak dan dada ayam tanpa kulit memiliki kandungan protein yang tinggi yang dikonsumsi setidaknya dua kali seminggu.

Namun, konsumsi daging perlu dibatasi dan dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu agar tidak menyebabkan gangguan kesehatan tertentu.

  • Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian bisa menjadi camilan yang sehat untuk penderita kolesterol tinggi, seperti kacang almon dan walnut.

Kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung lemak omega-3 yang bisa melindungi jantung dan menurunkan risiko serangan jantung pada penderita dengan riwayat penyakit jantung.

  • Susu rendah lemak dan vitamin D

Mengonsumsi produk olahan susu bisa memberikan manfaat untuk kesehatan, termasuk untuk menguatkan tulang.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com