Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Karies Gigi pada Anak Dapat Tumbuh Lagi? Ini Penjelasannya...

Kompas.com - 27/11/2023, 06:00 WIB
Agustin Tri Wardani,
Ria Apriani Kusumastuti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Karies gigi atau gigi berlubang menjadi masalah gigi yang kerap terjadi pada anak. Lalu, apakah karies gigi pada anak dapat tumbuh kembali?

Ternyata, karies gigi pada anak dapat muncul kembali ketika terjadi pada gigi susu.

Adanya kombinasi bakteri, sisa makanan, dan air liur menjadi penyebab karies gigi dialami kembali oleh anak. 

Untuk itu, ketahui penjelasan dan cara mencegah karies gigi pada anak berikut ini.

Baca juga: Kenali Apa itu Karies Gigi, Ciri-ciri, dan Penyebabnya

Apakah karies gigi pada anak dapat tumbuh lagi?

Ternyata, karies gigi pada anak dapat tumbuh lagi terutama jika bagian yang dicabut adalah gigi susu.

Melansir Healthline, cara menghilangkan karies gigi pada anak yang sudah parah biasanya memerlukan prosedur pencabutan atau pengangkatan gigi untuk mencegah terjadinya gangguan kesehatan yang lebih parah akibat penyebaran infeksi.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena gigi susu yang dicabut dapat digantikan dengan gigi permanen yang dapat tumbuh lagi dengan baik.

Gigi susu yang dicabut akan dijaga agar celahnya tetap terbuka dengan spacer sehingga dapat membantu gigi permanen untuk tumbuh dengan baik.

Melansir Better Health Channel, pada dasarnya gigi susu anak memang secara bertahap akan mulai goyah dan tanggal untuk digantikan dengan gigi permanen atau dewasa.

Sehingga, wajar jika seorang anak kehilangan gigi pertamanya sebelum usia 2 tahun atau lebih dari usia 6 tahun baik secara alami ataupun karena masalah kesehatan, seperti karies gigi.

Pada usia sekitar 6 tahun, gigi geraham permanen pertama akan tumbuh. Keempat gigi geraham ini, atau 2 di setiap rahang, akan muncul di belakang gigi susu anak.

Gigi permanen lainnya, seperti gigi seri, taring, dan premolar, akan tumbuh di bagian ruang yang ditinggalkan oleh gigi susu yang telah tanggal.

Jadi, karies gigi pada anak yang dicabut dapat tumbuh kembali seiring berjalannya waktu dan digantikan dengan tumbuhnya gigi permanen.

Baca juga: Kapan Anak Mulai Belajar Sikat Gigi? Begini Penjelasan Ahli...

Cara mencegah karies gigi pada anak

Melansir Johns Hopkins Medicine, karies gigi adalah rusaknya enamel gigi, atau permukaan luar gigi yang keras, yang menyebabkan gigi berlubang pada anak.

Penyebab karies gigi pada anak adalah makanan yang mengandung karbohidrat yang tertinggal di gigi dan diubah oleh bakteri mulut hingga menghasilkan asam.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com