Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Sering Minum Kopi Bisa Kurus? Berikut Penjelasannya…

Kompas.com - 08/02/2024, 06:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Minum kopi dapat membuat tubuh lebih berenergi dan terhindar dari rasa mengantuk. Namun, apakah sering minum kopi bisa kurus?

Ternyata, sering minum kopi bisa membuat tubuh kurus karena dapat menurunkan berat badan sekitar 0,12 kilogram (kg).

Meskipun begitu, kopi yang diminum adalah jenis kopi hitam tanpa tambahan lainnya, termasuk gula.

Untuk lebih jelasnya, ketahui manfaat kopi untuk menurunkan berat badan dan efek sampingnya untuk kesehatan berikut ini.

Baca juga: 3 Efek Minum Kopi Campur Susu untuk Kesehatan

Apakah sering minum kopi bisa kurus?

Ternyata, sering minum kopi bisa kurus.

Dilansir dari Medical News Today, kopi hitam tanpa tambahan lainnya, termasuk gula, dapat membantu untuk menurunkan berat badan.

Minum satu cangkir kopi hitam tanpa tambahan lainnya setiap hari sudah terbukti dapat menurunkan berat badan sebesar 0,12 kg dalam empat tahun.

Untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal, Anda perlu minum kopi setidaknya tiga cangkir sehari untuk menurunkan berat badan setidaknya 0,45 kg dalam empat tahun.

Dilansir dari Healthline, kafein di dalam kopi dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan pembakaran kalori dalam jangka waktu yang lebih pendek.

Efek ini belum terbukti dapat membantu untuk membakar lebih banyak kalori dalam jangka waktu lama.

Namun, kafein di dalam kopi bisa menurunkan nafsu makan dan membuat Anda makan lebih sedikit yang juga akan berkontribusi pada penurunan berat badan secara tidak langsung.

Meskipun begitu, Anda diimbau untuk minum kopi dalam jumlah yang wajar, atau sekitar tiga hingga empat cangkir saja, setiap hari untuk menghindari munculnya efek samping tertentu.

Pasalnya, kecepatan metabolisme tubuh pada masing-masing orang akan berbeda sehingga Anda perlu mempertimbangkan respons tubuh terhadap jumlah kopi yang diminum dan menguranginya jika diperlukan.

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat untuk Minum Kopi saat Diet?

Akibat terlalu sering minum kopi

Minum kopi secara rutin dapat membantu untuk menurunkan berat badan, namun dapat memicu terjadinya efek samping tertentu jika dikonsumsi secara berlebihan.

Dilansir dari Mayo Clinic, ada beberapa akibat terlalu sering minum kopi yang mungkin akan dialami, seperti:

  • Sakit kepala
  • Insomnia
  • Gelisah
  • Lebih sensitif
  • Lebih sering buang air kecil atau kehilangan kemampuan mengontrol dorongan untuk buang air kecil
  • Peningkatan irama denyut jantung
  • Tremor otot

Beberapa orang memiliki tingkat sensitivitas yang lebih rendah terhadap kafein sehingga dapat mengalami efek samping tertentu setelah minum kopi.

Meskipun begitu, minum kopi dalam jumlah yang wajar, atau tidak lebih dari empat cangkir setiap hari, umumnya aman dan tidak menimbulkan masalah kesehatan yang lebih serius.

Dengan memahami apakah sering minum kopi bisa kurus, Anda bisa menyesuaikan jumlah kopi yang diminum per hari dan mengimbanginya dengan makan sehat dan olahraga agar berat badan bisa turun dengan lebih efektif.

Baca juga: Apakah Minum Kopi Bisa Membuat Perut Buncit? Berikut Penjelasannya…

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com