Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula untuk Lambung dan 8 Efek Sampingnya

Kompas.com - 09/01/2024, 09:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Minum kopi tidak hanya akan menghindarkan Anda dari rasa kantuk, tetapi juga akan mendukung kesehatan tubuh, termasuk untuk lambung.

Pasalnya, kopi hitam tanpa gula dapat merangsang produksi hormon di dalam perut sehingga pencernaan akan semakin lancar dan membuat Anda lebih mudah buang air besar.

Meskipun begitu, tidak ditemukan kaitan antara masalah kesehatan tertentu, seperti refluks asam, dengan kopi yang dikonsumsi.

Untuk lebih jelasnya, ketahui manfaat kopi hitam tanpa gula untuk lambung dan efek sampingnya berikut ini.

Baca juga: Apakah Kopi Baik untuk Kesehatan Jantung? Berikut Penjelasannya…

Manfaat kopi hitam tanpa gula untuk lambung

Kopi hitam tanpa gula memiliki kandungan asam yang dapat membuat Anda ingin buang air besar.

Dilansir dari Cleveland Clinic, asam di dalam kopi dapat merangsang produksi hormon di dalam perut, gastrin dan kolesistokinin, yang akan memicu kontraksi otot secara tidak sengaja di dalam saluran pencernaan.

Kondisi ini akan meningkatkan kerja usus sehingga Anda akan merasa ingin buang air besar, khususnya dari empat hingga 30 menit setelah minum kopi.

Anda yang mengalami masalah dengan buang air besar, seperti sembelit, dapat minum kopi hitam tanpa gula untuk mendukung proses pencernaan.

Baca juga: 10 Manfaat Kopi Hitam bagi Wanita, Termasuk Menurunkan Berat Badan

Efek samping kopi hitam tanpa gula

Minum kopi hitam tanpa gula umumnya aman untuk lambung jika dikonsumsi dalam batas yang wajar, atau tidak lebih dari 400 miligram per hari.

Banyak orang yang beranggapan bahwa minum kopi hitam tanpa gula dapat meningkatkan risiko refluks asam dan heartburn, serta tukak lambung.

Namun, kaitan antara kopi hitam dan beberapa masalah kesehatan tersebut belum dapat dibuktikan secara ilmiah.

Meskipun begitu, kopi dapat meningkatkan kadar asam di dalam lambung sehingga dapat memperparah gejala masalah kesehatan yang dimiliki pada beberapa orang.

Anda yang sudah terbiasa minum kopi dan tidak terlalu sensitif terhadap kafein umumnya tidak akan mengalami efek samping yang serius meskipun minum lebih dari empat cangkir kopi per hari.

Sebaliknya, Anda yang lebih sensitif terhadap kafein atau terlalu banyak minum kopi dalam sehari akan mengalami efek samping tertentu yang menyebabkan rasa tidak nyaman.

Dilansir dari Healthline, beberapa efek samping kopi hitam tanpa gula jika diminum secara berlebihan, seperti:

  • Meningkatkan rasa cemas
  • Menurunkan kualitas tidur di malam hari
  • Memicu gangguan pencernaan, seperti diare
  • Meningkatkan tekanan darah
  • Meningkatkan irama denyut jantung
  • Menyebabkan rasa lelah
  • Meningkatkan risiko ketergantungan
  • Meningkatkan frekuensi buang air kecil

Memahami manfaat kopi hitam tanpa gula untuk lambung di atas sangatlah penting karena minum kopi umumnya tidak berbahaya untuk kesehatan jika dikonsumsi dalam batas wajar.

Meskipun begitu, Anda dapat mengalami efek samping tertentu jika lebih sensitif terhadap kafein atau mengonsumsinya secara berlebihan.

Untuk itu, Anda diimbau untuk memperhatikan reaksi tubuh setelah minum kopi sehingga Anda bisa melakukan tindakan pencegahan dan menurunkan efek samping yang akan muncul.

Baca juga: 4 Manfaat dan Efek Samping Minum Kopi Tanpa Gula untuk Kesehatan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com